Handayani, Gina (2024) Daya tarik TikTok sebagai media pendukung Radio PRFM News Channel Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) |
||
|
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
||
|
Text (DAFTAR ISI)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
8_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Transformasi media konvensional ke platform digital merupakan fenomena yang tidak terelakkan di era digital. Radio sebagai media konvensional menghadapi tantangan untuk beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumsi media audiens yang semakin berorientasi pada konten visual dan platform digital. PRFM 107.5 FM News Channel Bandung, sebagai radio berita, merespons tantangan ini dengan mengadopsi platform TikTok sebagai media pendukung siarannya. Penelitian ini mengkaji daya tarik TikTok sebagai media pendukung radio dengan studi kasus pada radio PRFM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana radio PRFM memanfaatkan platform TikTok sebagai media pendukung siaran radionya, dengan fokus pada tujuan penggunaan platform, strategi produksi konten, serta meneliti keunikan konten sehingga menjadi daya tarik bagi audiens. Menggunakan metode kualitatif eksploratif-deskriptif dengan pendekatan interpretif, penelitian ini menerapkan teori multipleksitas media dan konsep daya tarik sebagai kerangka analisis. Pengumpulan data dilakukan wawancara mendalam, melibatkan analisis konten, dokumentasi proses produksi pembuatan konten, dan observasi interaksi pengguna TikTok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PRFM telah menerapkan strategi multipleksitas media dalam menggunakan TikTok untuk memperkuat hubungan dengan audiensnya. Strategi produksi konten melibatkan adaptasi format berita ke dalam video pendek (15-120 detik) dengan tetap mempertahankan akurasi jurnalistik. Keunikan yang menjadi daya tarik terletak pada proses verifikasi fakta yang efisien (kurang dari 10 menit) dan interaktivitas dengan audiens. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang bagaimana media konvensional dapat beradaptasi dengan platform digital sembari mempertahankan idealisme media.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Daya Tarik; TikTok; Multipleksitas Media; Radio, PRFM |
| Subjects: | Journalism and Newspapers in Indonesia Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups Social Interaction, Interpersonal Relations > Audiences Communications Telemunications > Wireless Communications Communications Telemunications > Radio Broadcasting |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
| Depositing User: | Gina Handayani |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 06:44 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 06:44 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



