Oktapyani, Aliya Dwi (2025) Efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk menurunkan kecenderungan nomophobia (no mobile phone phobia): Penelitian di SMK Muhammadiyah 2 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text (BEBAS PLAGIARISME)
bebas plagiarisme.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I (2).pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
bab 2 (revisi).pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
||
|
Text (BAB III)
bab III (2).pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
||
|
Text (BAB IV)
bab 4 (revisi).pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kemajuan teknologi informasi membawa dampak terhadap gaya hidup remaja, termasuk kecenderungan bergantung secara berlebihan pada smartphone. Kondisi ini memunculkan nomophobia (no mobile phone phobia), yaitu ketakutan saat tidak dapat menggunakan atau mengakses smartphone. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi ini adalah melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan dengan teknik self management dalam menurunkan kecenderungan nomophobia. Self management adalah suatu prosedur di mana individu mengatur perilakunya sendiri (Komalasari., 2022) Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ekperimen one group pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui angket self management dan nomophobia, kemudian di analisis menggunakan uji paired sample t-test dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management efektif dalam menurunkan kecenderungan nomophobia pada siswa. Hal ini dibuktikan melalui uji paired sample t-test yang menunjukkan perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest pada variabel self management (t = -2,345; p = 0,025) dan nomophobia (t = 1,391; p = 0,000), serta analisis regresi menunjukkan pengaruh signifikan self management terhadap nomophobia dengan kontribusi 34,9% (R2 = 0,349; p = 0,000). Dengan demikian, hipotesis nol (H0) ditolakk dan hipotesis alternatif (H1) diterima, yang berarti peningkatan kemampuan self management terbukti efektif dalam menurunkan tingkat nomophobia pada siswa.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Self Management; Nomophobia; Bimbingan kelompok |
| Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
| Depositing User: | Aliya Dwi Oktapyani |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 07:57 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 08:04 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125344 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



