Efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk menurunkan kecenderungan nomophobia (no mobile phone phobia): Penelitian di SMK Muhammadiyah 2 Bandung

Oktapyani, Aliya Dwi (2025) Efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk menurunkan kecenderungan nomophobia (no mobile phone phobia): Penelitian di SMK Muhammadiyah 2 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BEBAS PLAGIARISME)
bebas plagiarisme.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (2).pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2 (revisi).pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (BAB III)
bab III (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4 (revisi).pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi membawa dampak terhadap gaya hidup remaja, termasuk kecenderungan bergantung secara berlebihan pada smartphone. Kondisi ini memunculkan nomophobia (no mobile phone phobia), yaitu ketakutan saat tidak dapat menggunakan atau mengakses smartphone. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi ini adalah melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan dengan teknik self management dalam menurunkan kecenderungan nomophobia. Self management adalah suatu prosedur di mana individu mengatur perilakunya sendiri (Komalasari., 2022) Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ekperimen one group pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui angket self management dan nomophobia, kemudian di analisis menggunakan uji paired sample t-test dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management efektif dalam menurunkan kecenderungan nomophobia pada siswa. Hal ini dibuktikan melalui uji paired sample t-test yang menunjukkan perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest pada variabel self management (t = -2,345; p = 0,025) dan nomophobia (t = 1,391; p = 0,000), serta analisis regresi menunjukkan pengaruh signifikan self management terhadap nomophobia dengan kontribusi 34,9% (R2 = 0,349; p = 0,000). Dengan demikian, hipotesis nol (H0) ditolakk dan hipotesis alternatif (H1) diterima, yang berarti peningkatan kemampuan self management terbukti efektif dalam menurunkan tingkat nomophobia pada siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Self Management; Nomophobia; Bimbingan kelompok
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Aliya Dwi Oktapyani
Date Deposited: 17 Nov 2025 07:57
Last Modified: 17 Nov 2025 08:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125344

Actions (login required)

View Item View Item