Pengaruh Earning Per Share, Total Assets Turnover dan Debt to Equity Ratio terhadap Devidend Payout Ratio pada perusahaan Sektor Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016

Khamid, Sufla (2018) Pengaruh Earning Per Share, Total Assets Turnover dan Debt to Equity Ratio terhadap Devidend Payout Ratio pada perusahaan Sektor Aneka Industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Dividen merupakan nilai pendapatan bersih perusahaan setelah pajak dikurangi dengan laba ditahan yang digunakan sebagai cadangan perusahaan. Devidend PayoutRatio adalah suatu keputusan menentukan berapa besar bagian dari pendapatan perusahaan yang akan dibagikan kepada para pemegang saham dan yang akan diinvestasikan kembali (reinvestment) atau ditahan (retained) di dalam perusahaan. Besarnya dividen yang dibagikan pada perusahaan-perusahaan di Indonesia ditetapkan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dalam menentukan besarnya dividen yang dibagikan, pemegang saham dapat melihat dari kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Dividend Payout Ratio yang mana variabel independennya adalah Earning Per Share (EPS), Total Assets Turnover (TATO) dan Debt to Equity Ratio (DER), sedangkan variabel dependennya Devidend Payout Ratio (DPR). Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan Earning Per Share, Total Assets Turnover dan Debt to Equity Ratio terhadap Devidend Payout Ratio pada perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016 baik secara parsial ataupun secara simultan. Metode yang digunakan adalah deskriptif verifikatif pendekatan kuantitatif yang menggunakan data historis yaitu menggunakan data crosectional yaitu data banyak perusahaan dengan 13 perusahaan. Dengan menggunakan uji asumsi klasik dan uji linier berganda. Hasil penelitian ini berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan Earning Per Share terhadap Devidend Payout Ratio pada perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di BEI tahun 2016 dengan thitung 5,142 dan ttabel 1,8311 (2) tidak terdapat pengaruh signifikan Total Assets Turnover dengan Devidend Payout Ratio pada perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di BEI tahun 2016 dengan thitung1,350 dan ttabel 1,8311 (3) tidak terdapat pengaruh signifikan antara Debt to Equity Ratio dengan Devidend Payout Ratio pada perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di BEI tahun 2016 dengan thitung 1,616 dan ttabel 1,8311(4) terdapat pengaruh signifikan Earning PerShare, Total Assets Turnover dan Debt to Equity Ratio terhadap Devidend Payout Ratio pada perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di BEI tahun 2016 dengan Fhitung 10,534 dan Ftabel 3,86. Dengan hasil Koefisien Determinasi (R2) 77,8% dari variabel yang diteliti dan sisanya 22,2% dipengaruhi faktor lain seperti Current Ratio, Net Profit Margin dan Return On Invesment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Devidend Payout Ratio (DPR), Earning Per Share (EPS), Total Assets Turnover (TATO) dan Debt to Equity Ratio (DER)
Subjects: Financial Economics, Finance > Investment
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Sufla Khamid
Date Deposited: 10 Aug 2018 06:51
Last Modified: 10 Aug 2018 06:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12535

Actions (login required)

View Item View Item