Piziani, Fia (2025) Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan media pembelajaran Softbook dengan kemampuan berpikir simbolik anak usia dini: Penelitian di Kelompok A Kober Al-Musadad Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (798kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Kelompok A Kober Al-Musadad Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut bahwa penggunaan media pembelajaran softbook sudah sering dilakukan. Anak sudah tampak bersemangat dan terbiasa ketika menggunakan media softbook untuk memahami simbol-simbol bahasa, seperti mengenali huruf, angka, dan gambar sebagai representasi objek dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas anak pada penggunaan media pembelajaran softbook; (2) Kondisi kemampuan berpikir simbolik anak usia dini; dan (3) Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan media pembelajaran softbook dengan kemampuan berpikir simbolik anak usia dini di Kelompok A Kober Al-Musadad Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut. Media pembelajaran softbook merupakan bahan yang empuk dan memiliki tekstur yang lembut. Media pembelajaran softbook juga merupakan media pengenalan lambang bilangan, konsep bilangan, lambang huruf, dan dapat melatih kemampuan berpikir simbolik anak usia dini. Dari asumsi teori tersebut dirumuskan hipotesis, semakin tinggi aktivitas anak pada penggunaan media pembelajaran softbook semakin tinggi pula kemampuan berpikir simbolik anak usia dini. Demikian pula sebaliknya, semakin rendah aktivitas anak pada penggunaan media pembelajaran softbook semakin rendah pula kemampuan berpikir simbolik anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan yaitu korelasional. Responden penelitian berjumlah 13 anak di Kelompok A Kober Al-Musadad Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut. Sampel diambil dengan teknik total sampling (sampling jenuh) yang artinya seluruh populasi menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan aktivitas anak pada penggunaan media pembelajaran softbook memperoleh nilai rata-rata 81. Angka tersebut berada pada interval 80-100 dengan kategori sangat baik. Sedangkan kemampuan berpikir simbolik anak usia dini memperoleh nilai rata-rata 86. Angka tersebut berada pada interval 80-100 dengan kategori sangat baik. Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan media pembelajaran softbook dengan kemampuan berpikir simbolik anak usia dini diperoleh r hitung sebesar 0,78. Angka tersebut berada pada interval 0,600-0,799 yang berarti memiliki tingkat hubungan sangat kuat. Hasil uji hipotesis diperoleh harga thitung = 4,177 > ttabel = 2,201. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima, hipotesis nol (Ho) ditolak. Adapun konstribusi aktivitas anak pada penggunaan media pembelajaran softbook sebesar 60,84%. Artinya terdapat 39,16% kemampuan berpikir simbolik anak usia dini di Kelompok A Kober Al-Musadad Kecamatan Bungbulang Kabupaten Garut dipengaruhi oleh faktor lain.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Softbook; Kemampuan Berpikir Simbolik; Anak Usia Dini |
| Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Human Physiology > Child Development |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
| Depositing User: | Fia Piziani |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 07:58 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 07:58 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125506 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



