Safitri, Desi (2025) Pengaruh kompetensi operator dan dukungan kepala madrasah terhadap kualitas data Education Management Information System (EMIS) : Penelitian di Raudhatul Athfal dan Madrasah se-Kota Cimahi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (835kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
||
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
||
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kualitas data Education Management Information System (EMIS) merupakan salah satu faktor penting dalam pengambilan keputusan berbasis data di lingkungan pendidikan Islam. Namun, masih dihadapkan tantangan seperti selisih data pada data EMIS dan data rill di lapangan. Kualitas data dipengaruhi oleh kemampuan kompetensi operator dan minimnya dukungan dari kepala madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh kompetensi operator terhadap kualitas data EMIS di RA dan Madrasah se-Kota Cimahi; 2) menganalisis pengaruh dukungan kepala madrasah terhadap kualitas data EMIS di RA dan Madrasah se-Kota Cimahi; 3) menganalisis pengaruh kompetensi operator dan dukungan kepala madrasah terhadap kualitas data EMIS di RA dan Madrasah se-Kota Cimahi;. Penelitian ini didasarkan pada kerangka berpikir dari teori kompetensi menurut Spencer & Spencer meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap. Teori dukungan kepala yaitu path goal theory menurut Robert J House meliputi dimensi kebijakan dan arahan, fasilitasi, motivasi dan apresiasi, pengawasan dan evaluasi, komunikasi, komitmen. Teori kualitas data menurut Wang & Strong intrinsik, konstektual, penyajian dan aksesbilitas. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian meliputi seluruh operator EMIS di RA dan Madrasah se-Kota Cimahi dengan sampel sebanyak 96 responden yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala Likert, kemudian diuji validitas dan reabilitas dilanjutkan dengan uji prasyarat seperti normalitas dan homogenitas lalu melakukan uji hipotesis yang mencakup regresi sederhana dan berganda serta koefisien determinasi melalui bantuan program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan antara variable-variabel yang diteliti. Pertama, kompetensi operator (X1) memberikan pengaruh terhadap kualitas data EMIS (Y) sebesar 0, .191 atau setara dengan 19,1% Kedua, dukungan kepala madrasah (X2) juga memberikan pengaruh terhadap kualitas data EMIS (Y) sebesar 0,125 atau 12,5% . Ketiga secara simultan, kompetensi operator (X1) dan dukungan kepala madrasah (X2) memberikan pengaruh terhadap kualitas data EMIS (Y) sebesar 0,283 atau 28,3% Implikasi dari temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan kompetensi operator, baik dari segi pengetahuan, keterampilan teknis, maupun sikap kerja, serta optimalisasi dukungan kepala madrasah, sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan kualitas data EMIS.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | Data Processing, Computer Science > Computer Management Education > Miscellany of Education General Management > Information Management |
| Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Desi Safitri |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 04:08 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 04:08 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



