Dzulkifli, Muhamad Arham (2025) Pengaruh model pembelajaran reflektif terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran PAI: Penelitian di SMA Labschool UPI Cibiru. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
SK Plagiat Aam (1).pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
TESIS WATERMARK BAB I.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
TESIS WATERMARK BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) |
||
|
Text (BAB III)
TESIS WATERMARK BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
||
|
Text (BAB IV)
TESIS WATERMARK BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB V)
TESIS WATERMARK BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (10).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Salah satu model pembelajaran yang sering digunakan pada pelajaran PAI di SMA Labschool UPI Cibiru adalah diskusi. Pembelajaran model diskusi yang digunakan sudah dilakukan dengan baik sesuai dengan pedoman RPP yang didasarkan pada langkah-langkah pembelajaran. Namun, terlihat beberapa peserta didik belum dapat memenuhi motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis yang baik. Dengan demikian, peneliti mencoba membandingkan dengan model pembelajaran reflektif untuk mencari alternatif pembelajaran mana yang lebih baik dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa; 1) proses pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran reflektif pada mata pelajaran PAI; 2) pengaruh model pembelajaran reflektif terhadap motivasi belajar peserta didik; 3) pengaruh model pembelajaran reflektif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; 4) perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini didasarkan dari sebuah pemikiran yang menyatakan bahwa pembelajaran reflektif merupakan pendekatan yang menekankan pada proses berpikir mendalam terhadap pengalaman belajar yang dialami peserta didik, yaitu saat peserta didik mampu meningkatkan pengalaman masa lalu dengan pemahaman baru. Tujuan dari model ini adalah untuk membentuk peserta didik mampu berpikir kritis dan memiliki motivasi belajar yang tinggi, serta mampu menginternalisasi nilai-nilai moral dan spiritual terhadap pengalaman belajar yang dialaminya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian eksperimen, dengan jenis metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI di SMA Labschool UPI Cibiru. Sampel yang digunakannya kelas XI 3 sebagai kelas eksperimen dan XI 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan; 1) proses penerapan model pembelajaran diskusi dan pembelajaran reflektif dilakukan dengan cukup baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang mendorong peserta didik aktif sekaligus memberi ruang refleksi; 2) penerapan model pembelajaran reflektif memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik dengan interval nilai 73% yang berada pada kriteria baik, sedangkan pembelajaran diskusi memiliki interval 68%, bahwa peserta didik lebih terdorong secara intrinsik karena pembelajaran melibatkan refleksi terhadap pengalaman pribadi, dan keterlibatan emosional dan intelektual peserta didik.; 3) penerapan model pembelajaran reflektif memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan hasil nilai rata-rata pre test 78,85 sedangkan post test sebesar 85,52, uji hipotesisnya yaitu 0,001 < 0,05, artinya bahwa terdapat pengaruh dengan penggunaan model pembelajaran reflektif, maka aktivitas refleksi mendorong untuk merenung, menganalisis, dan menghubungkan pengetahuan lama dengan baru; 4) tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dengan nilai 85,5 sedangkan kelas kontrol dengan nilai 82,5, hasil uji hipotesisnya yaitu 0,163 > 0,05, artinya bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka kesimpulannya model pembelajaran reflektif memberikan pengaruh positif kemampuan berpikir kritis secara individu, namun tidak menunjukkan perbedaan mencolok dibanding model diskusi jika dibandingkan antar kelas.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
| Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Muhamad Arham Dzulkifli |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 07:01 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 07:28 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125718 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



