Ningsih, Resa Farida (2018) Pengembangan alat peraga tumpuls untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi momentum dan impuls. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (230kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (588kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran sebagai alat komunikasi antara guru dan peserta didik menjadi bagian penting dari proses pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa alat peraga pada materi momentum impuls yang efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan yaitu ADDIE dari Robert Maribe Branch dengan tahapan Analysis, Design, Develovment, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian terdiri dari empat kelas X MIPA MAN 1 Cianjur dengan total keseluruhan peserta didik sebanyak 138 orang. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dalam bentuk uraian dan instrumen non tes diantaranya lembar angket pendahuluan, validasi ahli, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Alat peraga Tumpuls dinyatakan layak oleh empat ahli yaitu dua ahli media dan dua ahli materi. Hasil validasi menunjukkan alat peraga Tumpuls layak dengan persentase 85% dari ahli materi dan 85% dari ahli media. Angket respon peserta didik menunjukkan kelayakan alat peraga Tumpuls sebesar 86% dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari nilai N-gain sebesar 0.63 dengan interpretasi sedang. Alat peraga Tumpuls untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dinyatakan layak digunakan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penelitian pengembangan; media pembelajaran; alat Tumpuls; kemampuan tingkat tinggi; momentum impuls; layak |
Subjects: | Education, Research Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Resa Farida Ningsih |
Date Deposited: | 13 Aug 2018 02:59 |
Last Modified: | 13 Aug 2018 02:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12580 |
Actions (login required)
View Item |