Desain pembelajaran didaktis Berorientasi Education for Sustainable Development (ESD) pada konteks Eco Enzim untuk mengatasi hambatan belajar dan meningkatkan literasi lingkungan siswa

Mutmainnah, Ulfah Nurul (2025) Desain pembelajaran didaktis Berorientasi Education for Sustainable Development (ESD) pada konteks Eco Enzim untuk mengatasi hambatan belajar dan meningkatkan literasi lingkungan siswa. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
01. COVER.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak 01.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
03. SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
04. DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
05. BAB I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
06. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
07. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
08. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
09. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan desain didaktis berorientasi Education for Sustainable Development pada konteks eco enzim untuk mengatasi hambatan belajar konsep kimia hijau sekaligus meningkatkan literasi lingkungan peserta didik. Metode yang digunakan adalah Research and Development melalui tahap studi pendahuluan, perancangan, validasi ahli, uji coba terbatas, dan implementasi pada 36 siswa kelas X di SMAN 1 Majalaya. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, observasi keterlaksanaan, tes pra–pasca penguasaan konsep, angket literasi lingkungan, dan angket respons siswa, dengan analisis data berupa persentase keterlaksanaan, perubahan kategori penguasaan konsep, n-gain literasi lingkungan, serta persentase respons. Hasil menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 90,625% dengan kategori sangat baik; terdapat pergeseran penguasaan konsep dari cukup–buruk menjadi baik–sangat baik, disertai berkurangnya miskonsepsi, serta peningkatan literasi lingkungan dengan n-gain sedang hingga tinggi. Respons siswa sangat positif, ditandai minat mencoba pembuatan eco enzim dan penerapan perilaku konsumsi hijau. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi desain didaktis dengan konteks eco enzim berorientasi Education for Sustainable Development, sehingga konsep kimia hijau yang abstrak menjadi konkret, kontekstual, dan efektif dalam meningkatkan literasi lingkungan serta mengatasi hambatan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Desain Didaktis; Education For Sustainable Development; Eco Enzim; Hambatan Belajar; Literasi Lingkungan
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Natural Science
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ulfah Nurul Mutmainnah
Date Deposited: 24 Nov 2025 02:15
Last Modified: 24 Nov 2025 02:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125817

Actions (login required)

View Item View Item