Pengajaran Qira’at Ashim riwayat Imam Hafs di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Furqon Bogor

Septian, Alabit Bagas (2024) Pengajaran Qira’at Ashim riwayat Imam Hafs di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Furqon Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover (1).pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.pernyataan.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.daftar isi (1).pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1(1).pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)

Abstract

Qira’at sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad Saw. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya hadis-hadis yang menjelaskan tentang proses turunnya sab’ah ahruf’ (tujuh bacaan), Qira’at berasal dari bahasa Arab yang berarti “bacaan” secara konotasi qira’at dapat diartikan “beberapa pembaca” maksud beberapa pembaca ditujukan kepada para Imam qira’at itu sendiri. Ilmu qira’at berkembang sampai hari ini, akan tetapi awal masuknya qira’at di Indonesia sendiri terhitung sejak abad ke 18M. Dan qira’at yang berkembang pesat sampai saat ini adalah qira’at Imam ‘Ashim riwayat Hafs, perkembangan tersebut menjadi masalah, karena kurangnya edukasi terharap keberadaan qira’at lainnya sehingga memunculkan perselisihan dan kesalah pahaman ketika ada orang yang membaca Al-Qur’an dengan menggunakan qira’at selain qira’at Imam ‘Ashim riwayat Hafs. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui metode pembelajaran Qira’at Ashim Riwayat hafs di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Furqon Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif berlandaskan pada data dilapangan dan studi pustaka, menggunakan pendekatan fenomologis. pendekatan fenomologis sendiri digunakan dengan tujuan untuk mengetahu metode apa yang digunakan dalam pembelajaran qira’ah ashim di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Furqon Bogor. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa metode pembelajaran yang digunakan di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Furqon Bogor dalam mempelajari ilmu qira’at yaitu menggunakan metode ceramah, metode jama’i, dan metode talaqqi dan ada beberapa metode yang hanya ada di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Furqon Bogor. Untuk menghasilkan pembelajaran yang baik dan maksimal Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Furqon Bogor membuat sebuah buku yang mengkaji tentang kaidah-kaidah qira’ah ashim dengan judu ushul qira’ah ashim yang dibuat langsung oleh pengasuh Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Furqon Bogor yaitu Kh. Ayatullah. Metode pembelajaran yang digunakan dalam mempelajari qira’at ashim sudah efektif hal tersebut berdasarkan hasil pembelajaran yang mampu membuat pelajar dengan waktu singkat dapat memahami dan mempraktikan ilmu qira’ah ashim, dan dalam pembelajaran yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Furqon Bogor terdapat dua faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung: Pengajar yang dalam hal ini KH. Ayatullah menggunakan metode pembelajaran ceramah, jama’i, dan talaqqi yang mana metode-metode tersebut cocok dengan karakter santri ditambah dengan metode khusu yang dibuat oleh KH. Ayatullah, Tersedianya media penunjang pembelajaran qira’ah ashim seperti mushaf dan buku ushul qira’ah ashim, adanya sarana yang baik, dan diadakannya ujian akhir beserta acara khataman. kemudian faktor penghambat yaitu: Pesantren sering mengadakan kerja bakti diluar kegiatan pembelajaran yang membuat tenaga santri terkuras sehingga kelelahan, Banyaknya khilaf yang terdapat pada Ilmu qira’ah ashim sehingga membuat santri pada awal pembelajaran sulit menghafal khilaf dan mempraktikkannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Qira’ah ashim; Metode; Pembelajaran
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Alabit Bagas Septian
Date Deposited: 21 Nov 2025 11:52
Last Modified: 21 Nov 2025 11:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125823

Actions (login required)

View Item View Item