Septian, Alabit Bagas (2024) Pengajaran Qira’at Ashim riwayat Imam Hafs di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Furqon Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover (1).pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
10.pernyataan.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
3.daftar isi (1).pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1(1).pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
5_bab2 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (820kB) |
||
|
Text (BAB III)
6_bab3 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
||
|
Text (BAB IV)
7_bab4 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) |
||
|
Text (BAB V)
8_bab5 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka (1).pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
Abstract
Qira’at sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad Saw. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya hadis-hadis yang menjelaskan tentang proses turunnya sab’ah ahruf’ (tujuh bacaan), Qira’at berasal dari bahasa Arab yang berarti “bacaan” secara konotasi qira’at dapat diartikan “beberapa pembaca” maksud beberapa pembaca ditujukan kepada para Imam qira’at itu sendiri. Ilmu qira’at berkembang sampai hari ini, akan tetapi awal masuknya qira’at di Indonesia sendiri terhitung sejak abad ke 18M. Dan qira’at yang berkembang pesat sampai saat ini adalah qira’at Imam ‘Ashim riwayat Hafs, perkembangan tersebut menjadi masalah, karena kurangnya edukasi terharap keberadaan qira’at lainnya sehingga memunculkan perselisihan dan kesalah pahaman ketika ada orang yang membaca Al-Qur’an dengan menggunakan qira’at selain qira’at Imam ‘Ashim riwayat Hafs. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui metode pembelajaran Qira’at Ashim Riwayat hafs di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Furqon Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif berlandaskan pada data dilapangan dan studi pustaka, menggunakan pendekatan fenomologis. pendekatan fenomologis sendiri digunakan dengan tujuan untuk mengetahu metode apa yang digunakan dalam pembelajaran qira’ah ashim di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Furqon Bogor. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa metode pembelajaran yang digunakan di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Furqon Bogor dalam mempelajari ilmu qira’at yaitu menggunakan metode ceramah, metode jama’i, dan metode talaqqi dan ada beberapa metode yang hanya ada di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Furqon Bogor. Untuk menghasilkan pembelajaran yang baik dan maksimal Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Furqon Bogor membuat sebuah buku yang mengkaji tentang kaidah-kaidah qira’ah ashim dengan judu ushul qira’ah ashim yang dibuat langsung oleh pengasuh Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Furqon Bogor yaitu Kh. Ayatullah. Metode pembelajaran yang digunakan dalam mempelajari qira’at ashim sudah efektif hal tersebut berdasarkan hasil pembelajaran yang mampu membuat pelajar dengan waktu singkat dapat memahami dan mempraktikan ilmu qira’ah ashim, dan dalam pembelajaran yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-Qur’an Nurul Furqon Bogor terdapat dua faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung: Pengajar yang dalam hal ini KH. Ayatullah menggunakan metode pembelajaran ceramah, jama’i, dan talaqqi yang mana metode-metode tersebut cocok dengan karakter santri ditambah dengan metode khusu yang dibuat oleh KH. Ayatullah, Tersedianya media penunjang pembelajaran qira’ah ashim seperti mushaf dan buku ushul qira’ah ashim, adanya sarana yang baik, dan diadakannya ujian akhir beserta acara khataman. kemudian faktor penghambat yaitu: Pesantren sering mengadakan kerja bakti diluar kegiatan pembelajaran yang membuat tenaga santri terkuras sehingga kelelahan, Banyaknya khilaf yang terdapat pada Ilmu qira’ah ashim sehingga membuat santri pada awal pembelajaran sulit menghafal khilaf dan mempraktikkannya.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Qira’ah ashim; Metode; Pembelajaran |
| Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir |
| Depositing User: | Alabit Bagas Septian |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 11:52 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 11:53 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/125823 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



