Model manajemen pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Aliya Bogor

Anita, Erni (2008) Model manajemen pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Aliya Bogor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)

Abstract

SDIT Aliya Bogor merupakan salah satu pendidikan formal, sekolah tersebut mempunyai ciri khas yang unik dimana dalam hal kurikulum yaitu memadukan antara kebutuhan sains dan teknologi yang dikemas secara Islami, memperluas dan memperdalam pelajaran agama Islam, memberikan kemampuan dasar-dasar bahasa asing sehingga pelaksanaan pendidikan di sekolah tersebut berbeda dengan sekolah lain yang setingkat dan sederajat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pendidikan di SDIT Aliya dilihat dari fungsi-fungsi manajemen yakni perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Disamping itu juga untuk mengetahui faktor penghambat, penunjang dan keberhasilan yang telah dicapai. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa untuk melihat sebuah model manajemen pendidikan dapat dilihat dari latar belakang berdiri SDIT Aliya, pelaksanaan manajemen pendidikan, faktor penunjang dan penghambat pelaksanaan pendidikan dan hasil yang dicapai dengan menggunakan pendekatan wujud kebudayaan dan teori manajemen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriftif dan data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang bersifat kepustakaan dan lapangan. Data tersebut diperoleh melalui tekhnik wawancara, pengamatan atau observasi, tekhnik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara unitisasi data, katagorisasi data, dan penafsiran data. Keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamanan, triagulasi, pemeriksaan teman, analisis kasus negatif, kecukupan referensi, pengecekan anggota, urai rinci, audit untuk kriteria ketergantungan, audit untuk kriteria kepastian. Data yang ditemukan menunjukkan bahwa sejarah berdirinya SDIT Aliya dilatar belakangi oleh hal yaitu dakwah dan mengembangkan konsep dengan keilmuan dengan memadukan antara kebutuhan sains dan teknologi yang dikemas secara Islami. Konsep manajemen pendidikan yang ada di SDIT Aliya sesuai dengan misi dan visi. Matangnya susunan perencanaan suatu program pembelajaran pengorganisasian, pelaksanaan pendidikan yang kompeten, dan pengawasan yang intensif atas pelaksanaan pendidikan disuatu lembaga pendidikan. Faktor penghambat yang ditemukan di SDIT Aliya yaitu ada sebagian pendidik yang tidak berlatar belakang sarjana pendidikan dan belum lengkapnya sarana laboratorium bahasa. Sedangkan faktor penunjangnya yaitu keterpaduan kurikulum, keprofesionalan pendidik, kesiapan siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar, Faktor penunjang inilah yang ikut mendukung keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di SDIT Aliya, selain itu juga tidak terlepas dari fungsi-fungsi manajemen yang baik sehingga SDIT Aliya menghasilkan output-output yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Manajemen Pendidikan; Sekolah Dasar Islam Terpadu;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2016 01:56
Last Modified: 10 Oct 2019 02:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1259

Actions (login required)

View Item View Item