Peran Bimbingan Konseling Dalam Mengurangi Kecemasan Terhadap Calon Jamaah Haji: Penelitian di KBIH Attaqwa KH.Noer Alie Bekasi

Darmawan, Fajar (2018) Peran Bimbingan Konseling Dalam Mengurangi Kecemasan Terhadap Calon Jamaah Haji: Penelitian di KBIH Attaqwa KH.Noer Alie Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (671kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Gangguan kecemasan merupakan hal yang sangat komplek pada calon jamaah haji, bentuk kecemasannya sangat bervariasi. Hampir semuah calon jamaah haji mempunyai masalah gangguan kecemasan yang disebabkan oleh : (1) perubahan lingkungan psikologis seperti jauh dari keluarga dalam jangka waktu yang lama. (2) rasa kehawatiran yang tinggi. (3) perbedaan cuaca dengan tempat tinggalnya. (4) stress ringan akibat aghorophobia yaitu takut melihat orang banyak. Oleh karna itu diperlukan suatu bimbingan konseling bagi calon jamaah haji sebelum berangkat ke tanah suci, salah satunya adalah peran bimbingan konseling terhadap calon jamaah haji yang mengalami kecemasan sebelum berangkat ke tanah suci. untuk menunaikan ibadah haji dengan tujuan untuk membantu masalah yang dihadapi calon jamaah haji agar kondisi mentalnya siap. baik secara jasmani maupun rohani. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang peran bimbingan konseling dalam mengurangi kecemasan terhadap calon jamaah haji di KBIH Attaqwa Ujung Harapan Bahagai Kab. Bekasi dan untuk mengetahui hasil dari bimbibingan tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang kecemasan dan teknik-teknik bimbingan konseling dalam mengatasi kecemasan Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif yang bersifat kualitatif dengan tujuan untuk menggambarkan kegiatan bimbingan konseling dalam mengurangi kecemasan Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa proses bimbingan konseling dapat menajdikan para calon jamaah haji lebih siap untuk melaksanakan ibadah haji. Dengan proses bimbingan konseling dapat menghilangkan kecamasan dan ketakutan pada saat calon jamaah haji melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bimbingan; konseling; KBIH; jamaah haji
Subjects: Adult Education
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fajar darmawan darmawan
Date Deposited: 14 Aug 2018 02:54
Last Modified: 14 Aug 2018 02:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12594

Actions (login required)

View Item View Item