Strategi Humas Pemerintah Kota Bandung dalam Menyosialisasikan Program Gerakan Sejuta Biopori eengan Memanfaatkan Facebook sebagai Media Komunikasi

Firman Akbar Setiawan, Firman (1210406014) (2014) Strategi Humas Pemerintah Kota Bandung dalam Menyosialisasikan Program Gerakan Sejuta Biopori eengan Memanfaatkan Facebook sebagai Media Komunikasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat sebuah program gebrakan Pemerintah Kota Bandung di tahun 2013, yang menangani sebuah permasalahan lingkungan dengan membuat lubang resapan biopori. Program yang melibatkan seluruh masyarakat Kota Bandung ini dinamakan program Gerakan Sejuta Biopori. Suksesnya gerakan ini ditentukan oleh partisipasi masyarakat, oleh karena itu Pemerintah Kota Bandung membutuhkan dukungan seluruh elemen masyarakat. Kegiatan-kegiatan sosialisasi pengenalan harus dilakukan oleh pemerintah. Pemerintah harus melakukan sebuah langkah agar penyebaran informasi dapat berjalan lancar dan tepat sasaran. Berdasarkan pengetahuan peneliti di lapangan, yang melaksanakan kegiatan publikasi dan sosialisasi adalah humas. Oleh karena itu humas selaku agent of communications yang bertindak sebagai penyalur informasi pemerintah dan masyarakat, menentukan langkah-langkah strategis untuk menyosialisasikan program Gerakan Sejuta Biopori. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi humas dalam menyosialisasikan Gerakan Sejuta Biopori kepada masyarakat Bandung melalui facebook sebagai media komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi partisipan, studi dokumentasi, dan internet browshing. Melalui teknik analisis data deskriptif kualitatif menggambarkan uraian-uraian berdasarkan data Program Gerakan Sejuta Biopori. Subyek penelitian ini yaitu Humas Diskominfo Pemerintah Kota Bandung. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil yang diperoleh sudah cukup baik, artinya, pesan mengenai Gerakan Sejuta Biopori dapat diterima oleh masyarakat. Jika ditinjau dari segi komunikasi, evaluasi humas adalah apresiasi dan respons masyarakat melalui postingan foto kegiatan membuat lubang biopori yang di upload ke Fanpage Ridwan Kamil Untuk Bandung sebagai media sosialisasi yang dipilih oleh Humas Pemerintah Kota Bandung. Peneliti menyarankan agar humas lebih meningkatan kualitas SDM terutama mengenai praktek-praktek humas pemerintahan yang ideal sehingga suatu saat humas dapat memberikan sumbangsih yang bermanfaat bagi pemerintah. Sebagai pengembangan ilmu komunikasi pada umumnya dan hubungan masyarakat pada khususnya, Humas Pemerintah Kota Bandung lebih memperdalam pemahaman tidak hanya sebatas teori tetapi juga praktek. Oleh karena situasi yang dihadapi dilapangan akan sangat berbeda dengan teori-teori yang sudah dipelajari, hal tersebut juga ditujukan pada para akademis lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Humas, Pemerintah Kota Bandung, Program Gerakan Sejuta Biopori,Facebook, Media Komunikasi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Relation of The State of Organized Groups
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2016 01:52
Last Modified: 23 May 2016 09:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item View Item