idrissyahputra, idris (2023) Evaluasi pembelajaran bahasa Arab Mahad Al Jamiah UIN Sunan Gunung Djati menggunakan model CIPP. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (Cover)
Cover.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text (Lembar Pernyataan)
Surat Keterngana (1).pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
Daftar Isi.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (497kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) |
||
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
||
|
Text (Bab IV)
Bab IV .pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
||
|
Text (Bab V)
Bab V .pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
||
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka .pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
||
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Download (972kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Gunung Djati Bandung merupakan bagian integral dari upaya pengembangan kompetensi kebahasaan mahasiswa, khususnya dalam memahami literatur keislaman dan membentuk lingkungan akademik yang religius. Meskipun program ini telah berjalan cukup lama, efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan bahasa mahasiswa masih memerlukan evaluasi yang komprehensif. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi pembelajaran bahasa Arab berdasarkan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Al-Jami’ah dapat mencapai sasaran yang diharapkan, baik dari segi konteks, masukan, proses, maupun hasil pembelajaran. Asas berpikir yang digunakan adalah bahwa evaluasi program tidak hanya menilai keluaran akhir (output), tetapi juga mempertimbangkan faktor pendukung dan dinamika proses pelaksanaan. Dengan demikian, hasil evaluasi tidak hanya memberikan gambaran tentang keberhasilan, tetapi juga mengidentifikasi kelemahan yang dapat dijadikan pijakan untuk perbaikan program. Kerangka berpikir penelitian ini dibangun atas dasar pandangan bahwa evaluasi program pembelajaran bahasa arab di Ma`had Al-Jami`ah tidak hanya menilai hasil akhir, tetapi harus meninjau secara menyeluruh mulai dari konteks (relevansi tujuan dengan kebutuhan), input (kesiapan sumber daya manusia, sarana, dan kurikulum), proses (strategi dan implementasi pembelajaran), hingga produk (hasil belajar yang dicapai). Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik dengan jenis penelitian deskriptif evaluatif. Pendekatan pragmatik dipilih karena penelitian ini menekankan pada pemecahan masalah nyata di lapangan dengan orientasi manfaat praktis. Sumber data penelitian terdiri dari data primer (mahasantri, dosen pembimbing, dan pengelola Ma’had) serta data sekunder berupa dokumen akademik dan arsip terkait program. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek konteks, tujuan pembelajaran sudah sesuai dengan visi akademik dan kebutuhan mahasiswa, meski sebagian mahasiswa masih kurang motivasi. Dari aspek input, tenaga pengajar dinilai kompeten, namun ketersediaan media pembelajaran dan manajemen waktu masih terbatas. Dari aspek proses, metode yang digunakan telah mengarah pada pendekatan komunikatif, tetapi variasi strategi dan intensitas praktik bahasa masih perlu diperkuat. Dari aspek produk, mayoritas mahasiswa mengalami peningkatan kemampuan bahasa Arab, khususnya dalam keterampilan membaca dan memahami teks, namun pencapaian kompetensi berbicara dan menulis masih belum merata. Dengan demikian, program pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Al-Jami’ah telah berjalan dengan baik, tetapi memerlukan penguatan sarana, strategi, dan evaluasi berkelanjutan agar hasil pembelajaran lebih optimal.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; Evaluasi |
| Subjects: | Arabic |
| Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | idris Idris Syahputra idris |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 07:41 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 08:11 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126258 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



