Cahyadin, Izzatun Nisa (2025) Penerapan pembelajaran Conincon (Constructivism, Integrative, Contextual) untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan self persistence siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (660kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan koneksi matematis dan self persistence memiliki peran penting dalam pembelajaran matematika. Namun, kedua aspek tersebut masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Conincon (Constructivism, Integrative, Contextual) serta menganalisis peningkatan kemampuan koneksi matematis dan self persistence siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Conincon dibandingkan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri di Kota Bandung tahun ajaran 2025/2026 dan sampel terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang dipilih melalui simple random sampling. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan koneksi matematis yang telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas tinggi, serta dilengkapi angket self persistence dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang telah divalidasi ahli. Data diolah menggunakan uji-t dan uji statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model Conincon berada pada kategori sangat baik, serta peningkatan kemampuan koneksi matematis dan self persistence siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan temuan tersebut, model pembelajaran Conincon dapat dijadikan sebagai alternatif model dalam pembelajaran matematika.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | conincon; kemampuan koneksi matematis; self persistence; pembelajaran matematika; pembelajaran bermakna |
| Subjects: | Education > Statistic of Education Mathematics Algebra |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Izzatun Nisa Cahyadin |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 06:58 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 06:58 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126331 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



