Penerapan pembelajaran Conincon (Constructivism, Integrative, Contextual) untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan self persistence siswa

Cahyadin, Izzatun Nisa (2025) Penerapan pembelajaran Conincon (Constructivism, Integrative, Contextual) untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan self persistence siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (660kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan koneksi matematis dan self persistence memiliki peran penting dalam pembelajaran matematika. Namun, kedua aspek tersebut masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Conincon (Constructivism, Integrative, Contextual) serta menganalisis peningkatan kemampuan koneksi matematis dan self persistence siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Conincon dibandingkan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri di Kota Bandung tahun ajaran 2025/2026 dan sampel terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang dipilih melalui simple random sampling. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan koneksi matematis yang telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas tinggi, serta dilengkapi angket self persistence dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang telah divalidasi ahli. Data diolah menggunakan uji-t dan uji statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model Conincon berada pada kategori sangat baik, serta peningkatan kemampuan koneksi matematis dan self persistence siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan temuan tersebut, model pembelajaran Conincon dapat dijadikan sebagai alternatif model dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: conincon; kemampuan koneksi matematis; self persistence; pembelajaran matematika; pembelajaran bermakna
Subjects: Education > Statistic of Education
Mathematics
Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Izzatun Nisa Cahyadin
Date Deposited: 10 Dec 2025 06:58
Last Modified: 10 Dec 2025 06:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126331

Actions (login required)

View Item View Item