Penggunaan media audiovisual berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara bahasa Arab: Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas X MAN 2 Majalengka

Malihatusolihah, Enok Milhah (2024) Penggunaan media audiovisual berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara bahasa Arab: Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas X MAN 2 Majalengka. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SK Bebas Plagiasi_Enok Milhah M (1).pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran Tesis_Enok Milhah M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di madrasah menekankan pada penguasaan empat keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan berbicara yang berkaitan erat dengan keterampilan menyimak menjadi keterampilan pokok yang harus dikuasai siswa. Namun, di MAN 2 Majalengka, keterampian menyimak dan berbicara siswa masih rendah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang mendukung dan keterbatasan akses berkomunikasi dengan penutur asli. Oleh karena itu penggunaan media pembelajaran yang inovatif seperti media audiovisual berbasis kecerdasan buatan diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan siswa dalam menyimak dan berbicara bahasa Arab dan mengetahui peningkatan keterampilan menyimak dan berbicara siswa setelah menggunakan media audiovisual berbasis kecerdasan buatan dalam proses pembelajaran pada siswa kelas X MAN 2 Majalengka. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi-eksperimental dengan desain non-equivalent control group. Pada penelitian ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok tersebut diberikan pretes dan posttes yang sama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa media pembelajaran audiovisual berbasis kecerdasan buatan dapat meningkatkan keterampilan menyimak dan berbiacara bahasa Arab siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Sebelum menggunakan media audiovisual berbasis kecerdasan buatan keterampilan menyimak siswa berada pada tingkat rata-rata 44 dan setelah menggunkan media audiovisual meningkat menjadi 76. Untuk keterampilan berbicara rata-rata nilai siswa sebelum menggunakan media adalah 43 dan setelah menggunakan media audiovisual meningkat menjadi 74, menunjukan peningkatan signifikan. Penggunaan media audiovisual berbasis kecerdasan bauatan menunjukkan dampak positif dengan peningkatan keterampilan mendengarkan sebesar 0,57 dan keterampilan berbicara sebesar 1,48. Sebagai perbandingan pada kelompok kontrol menunjukkan peningkatan keterampilan menyimak sebesar 0,44 dan keterampilan berbicara sebesar 0,58. Ini menunjukkan bahwa media audiovisual berbasis kecerdasan bauatan dapat meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara yang signifikan dibandingkan dengan media pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab; Media Audiovisual; Kecerdasan Buatan; Keterampilan Menyimak; Keterampilan berbicara
Subjects: Arabic
Education > General Publications of Education
Language
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Enok Milhah Malihatusolihah
Date Deposited: 09 Dec 2025 06:57
Last Modified: 10 Dec 2025 06:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126339

Actions (login required)

View Item View Item