Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Treasure Hunt untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar peserta didik

Lestari, Zahra Aulia (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Treasure Hunt untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika karena menentukan kemampuan peserta didik dalam mengaitkan konsep, menjelaskan alasan matematis, serta menerapkan pengetahuan dalam berbagai situasi. Namun, dalam praktik pembelajaran di kelas, kemampuan pemahaman matematis peserta didik masih rendah. Motivasi belajar yang rendah seringkali berdampak pada rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe treasure hunt dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar peserta didik pada materi matriks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas XI Tahun ajaran 2025/2026 di salah satu Sekolah Menengah Atas di Sukabumi. Sampel penelitian melibatkan dua kelas. Instrumen penelitian ini meliputi tes pemahaman matematis dengan validitas soal baik dan reliabilitas tinggi, serta angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe treasure hunt lebih baik daripada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Selain itu, motivasi belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe treasure hunt secara umum menunjukkan respon yang positif pada setiap indikator motivasi belajar. Dengan demikian, model treasure hunt dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan pemahaman matematis dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis; Motivasi Belajar; Treasure Hunt
Subjects: Applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Zahra Aulia Lestari
Date Deposited: 12 Dec 2025 07:41
Last Modified: 12 Dec 2025 07:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126631

Actions (login required)

View Item View Item