Lestari, Zahra Aulia (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Treasure Hunt untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (862kB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan pemahaman matematis merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika karena menentukan kemampuan peserta didik dalam mengaitkan konsep, menjelaskan alasan matematis, serta menerapkan pengetahuan dalam berbagai situasi. Namun, dalam praktik pembelajaran di kelas, kemampuan pemahaman matematis peserta didik masih rendah. Motivasi belajar yang rendah seringkali berdampak pada rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe treasure hunt dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar peserta didik pada materi matriks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas XI Tahun ajaran 2025/2026 di salah satu Sekolah Menengah Atas di Sukabumi. Sampel penelitian melibatkan dua kelas. Instrumen penelitian ini meliputi tes pemahaman matematis dengan validitas soal baik dan reliabilitas tinggi, serta angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe treasure hunt lebih baik daripada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Selain itu, motivasi belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe treasure hunt secara umum menunjukkan respon yang positif pada setiap indikator motivasi belajar. Dengan demikian, model treasure hunt dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan pemahaman matematis dan motivasi belajar.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Matematis; Motivasi Belajar; Treasure Hunt |
| Subjects: | Applied mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Zahra Aulia Lestari |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 07:41 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 07:41 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126631 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



