Maharani, Ginieng Eka (2025) Penerapan deep learning berbantuan aplikasi ThingLink untuk meningkatkan kemampuan spasial ditinjau berdasarkan persistence siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT KETERANGAN CEK PLAGIARISME)
Surat Keterangan Cek Plagiarisme.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Integrasi pendekatan Deep Learning dengan aplikasi ThingLink berpotensi meningkatkan kemampuan spasial siswa melalui proses berpikir reflektif dan konstruktif. Namun, pada praktik pembelajaran di sekolah, peningkatan kemampuan spasial siswa masih belum optimal karena pembelajaran sering berlangsung tanpa dukungan media digital yang memfasilitasi representasi visual secara konkret, serta kurangnya perhatian terhadap faktor persistence siswa dalam menyelesaikan tugas spasial yang kompleks. Tujuan penelitian untuk menganalisis efektivitas penerapan deep learning berbantuan ThingLink dalam meningkatkan kemampuan spasial ditinjau berdasarkan tingkat persistence siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah convergent parallel design creswell melibatkan siswa kelas VIII SMP negeri di Kabupaten Bandung, yang terdiri atas dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest kemampuan spasial serta angket untuk mengukur tingkat persistence matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan spasial antara pembelajaran deep learning berbantuan ThingLink, deep learning, dan pembelajaran konvensional. Selain itu, terdapat perbedaan peningkatan kemampuan spasial berdasarkan tingkat persistence siswa. Namun, tidak ditemukan interaksi antara pendekatan pembelajaran dan persistence terhadap kemampuan spasial. Dengan demikian, deep learning berbantuan ThingLink dapat dikategorikan sebagai pendekatan yang efektif dan inovatif dalam meningkatkan kemampuan spasial siswa.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | aplikasi ThingLink; Kemampuan Spasial; Pendekatan Deep Learning; Self Persistence; Pembelajaran matematika |
| Subjects: | Education Mathematics Mathematics > Research Methods of Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Ginieng Eka Maharani |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 02:02 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 02:02 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



