Herdiansyah, M (2025) integrasi sensor JSN-SR04T dan linear aktuator untuk mendukung pengereman otomatis menggunakan kalman filter dan lookup table. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
3_Bebas plagiarism.pdf Download (690kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftar isi.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab 1.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
||
|
Text
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
||
|
Text
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
||
|
Text
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
||
|
Text
10_bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
||
|
Text
11_daftar pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) | Request a copy |
Abstract
Sistem pengereman otomatis merupakan teknologi keselamatan yang dirancang untuk meminimalkan risiko kecelakaan akibat keterlambatan respons pengemudi. Penelitian ini mengembangkan sistem pengereman otomatis dengan mengintegrasikan sensor jarak JSN-SR04T, mikrokontroler Arduino UNO, motor driver IBT-2, dan linear aktuator 12V. Sensor JSN-SR04T digunakan untuk mendeteksi jarak objek di depan kendaraan, sedangkan Arduino memproses data jarak tersebut dan mengendalikan aktuator melalui motor driver dengan memanfaatkan metode kalman filter untuk menyaring noise dan lookup table untuk pemetaan cepat parameter kontrol aktuator. Pengujian dilakukan untuk mengevaluasi akurasi pembacaan sensor, validasi logika sistem, dan respons aktuator berdasarkan ambang batas jarak. Hasil pengujian menunjukkan bahwa rata-rata error pembacaan jarak tanpa filter sebesar 2.53%, menurun signifikan menjadi 1.18% setelah penerapan kalman filter. Lookup table memungkinkan pengendalian aktuator yang akurat, dengan aktuator aktif pada jarak 0–50 cm (klasifikasi rem keras, sedang, dan ringan) dan tidak aktif pada jarak 60–100 cm. Sistem ini terbukti berfungsi dengan baik, memberikan respons pengereman yang cepat, stabil, dan andal, sehingga meningkatkan keselamatan kendaraan untuk aplikasi seperti kendaraan otonom atau robotika industri.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengereman Otomatis; Sensor JSN-SR04T; Arduino UNO; Kalman Filter; Lookup Table Linear Aktuator |
| Subjects: | Engineering > Measurement |
| Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro |
| Depositing User: | M Herdiansyah |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 06:30 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 06:30 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126724 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



