Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik

Fitriani, Mustika (2025) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTARISI)
4_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
5_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan hasil belajar IPA peserta didik kelas eskperimen setelah menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Sekolah Dasar Negeri Ciheulang 03 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Sampel pada penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing jumlah peserta didik sebanyak 20 orang. Intrumen penelitian ini berupa lembar observasi untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan tes untuk mengukur pemahaman konsep IPA peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic non-parametrik menggunakan bantuan aplikasi sofware SPSS 25. Hasil penelitian menujukkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar IPA terlaksana dengan baik 2) Terdapat peningkatan hasil belajar IPA peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) 3) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA peserta yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif; Students Team Achievment Divisons; hasil belajar IPA
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Elementary Education
Elementary Education > Science for Elementary Education
Natural Science
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mustika Fi Tikaa Shanindya
Date Deposited: 17 Dec 2025 06:57
Last Modified: 17 Dec 2025 06:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126787

Actions (login required)

View Item View Item