Fitriani, Mustika (2025) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) | Request a copy |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) | Request a copy |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTARISI)
4_daftarisi.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
|
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan hasil belajar IPA peserta didik kelas eskperimen setelah menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Sekolah Dasar Negeri Ciheulang 03 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Sampel pada penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan masing-masing jumlah peserta didik sebanyak 20 orang. Intrumen penelitian ini berupa lembar observasi untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan tes untuk mengukur pemahaman konsep IPA peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic non-parametrik menggunakan bantuan aplikasi sofware SPSS 25. Hasil penelitian menujukkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar IPA terlaksana dengan baik 2) Terdapat peningkatan hasil belajar IPA peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) 3) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA peserta yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan pembelajaran menggunakan pendekatan konvensional.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran kooperatif; Students Team Achievment Divisons; hasil belajar IPA |
| Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Elementary Education Elementary Education > Science for Elementary Education Natural Science Education, Research |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Mustika Fi Tikaa Shanindya |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 06:57 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 06:57 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126787 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



