Saputri, Lina Indah (2025) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media komik digital terhadap keterampilan berpikir kritis (KBKr) siswa pada materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1. cover.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. abstrak.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (SK CEK PLAGIARISME)
3. SK CEK PLAGIARISME.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4. daftar isi.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5. bab 1.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6. bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
||
|
Text (BAB III)
7. bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
||
|
Text (BAB IV)
8. bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) |
||
|
Text (BAB V)
9. bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11. lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan kompetensi penting yang harus dimiliki siswa pada abad ke-21. Namun, kenyataannya masih banyak siswa yang belum mampu mengembangkan keterampilan tersebut secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantu media komik digital terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian menggunakan metode quasi experiment design dengan rancangan non-equivalent control group design. Sampel diperoleh dengan teknik sampling jenuh yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen sebesar 94% (sangat baik), sedangkan kelas kontrol sebesar 83,33% (baik). aktivitas siswa pada kelas eksperimen sebesar 85,81% (baik) dan kelas kontrol sebesar 79,40% (baik). Nilai posttest keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar dengan N-Gain 0,58 (sedang), sedangkan kelas kontrol sebesar 81,16 dengan N-Gain 0,43 (kecil). Rata-rata sikap siswa pada kelas eksperimen mencapai 94,44% (sangat baik). Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,263 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model problem based learning berbantu media komik digital tidak berpengaruh signifikan namun memberikan dampak positif terhadap sikap siswa. Temuan ini mengimplikasikan bahwa media komik digital dapat dijadikan alternatif untuk menumbuhkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning; Keterampilan Berpikir Kritis; Komik Digital; Keanekaragaman Hayati |
| Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Lina Indah Saputri |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 07:42 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 08:31 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126797 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



