Nugroho, Dinar Ade (2025) Penerapan model Problem Based Learning berbantu Phyhpox untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (SKBEBASPLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTARISI)
4_daftarisi.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (786kB) |
||
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (24MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan model problem based learning berbantu aplikasi phyhpox pada materi gelombang bunyi kelas XI SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan model PBL berbantu phyhpox dan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah cluster random sampling, dengan sampel kelas eksperimen berjumlah 33 peserta didik di kelas XI 4 dan kelas kontrol berjumlah 31 peserta didik di kelas XI 3. Instrumen penelitian berupa Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa lembar observasi (LO) dan tes keterampilan berpikir kritis dalam bentuk 12 soal esai yang disusun berdasarkan indikator berpikir kritis menurut Ennis (1998). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 25,13 meningkat menjadi 78,98 pada posttest, dengan N-Gain 0,72 (kategori tinggi). Pada kelas kontrol, rata-rata nilai pretest sebesar 22 meningkat menjadi 68 pada posttest, dengan N-Gain 0,60 (kategori sedang). Peningkatan tertinggi terjadi pada submateri cepat rambat gelombang dengan N-Gain 0,74 (kategori tinggi), sedangkan capaian terendah terdapat pada submateri efek Doppler dengan N-Gain 0,69 (kategori sedang). Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan model PBL berbantu aplikasi Phyhpox mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik lebih optimal dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning; Phyhpox; Keterampilan Berpikir Kritis; Gelombang Bunyi |
| Subjects: | Education Elementary Education Secondary Education Physics > Data Processing and Analysis of Physics Applied Physics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | dinar ade nugroho |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 07:43 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 07:47 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126832 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



