Pengembangan bahan ajar digital energi terbarukan Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) berbasis canva untuk meningkatkan literasi sains

Siti Ahdiah, Ai Asmi (2025) Pengembangan bahan ajar digital energi terbarukan Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) berbasis canva untuk meningkatkan literasi sains. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merdeka dirancang untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di era abad 21 berbasis digital dengan kemajuan teknologi yang semakin masif untuk mewujudkan lingkungan belajar yang inovatif, kreatif serta memotivasi peserta didik khususnya dalam pembelajaran sains. Keterampilan untuk mengkaji dan menerapkan konsep sains pada konteks keseharian disebut literasi sains. Pendekatan penelitian yang digunakan menerapkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil keterlaksanaan pembelajaran menggunakan bahan ajar digital serta saran dan masukan dari validator. Sedangkan pendekatan kuntitatif diperoleh melalui instrumen penelitian lembar validasi kelayakan bahan ajar digital, instrumen keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dan tes kemampuan literasi sains kepada peserta didik melalui pretest dan posttest. Kelayakan bahan ajar digital dikembangkan menggunakan metode pengembangan ADDIE memperoleh koefisien validasi media 71,4% dan validasi materi 75,2%. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) mengalami peningkatan selama pertemuan pertama sampai ketiga dengan nilai presentase 78,7%. Peningkatan literasi sains dengan menggunakan bahan ajar digital ditentukan oleh hasil pretest dan posttest, analisis diperoleh melalui dasar perhitungan N-Gain sebesar 0,433. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan statistika uji t menghasilkan kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak. Pada keterlaksanaan pembelajaran sintaks model PBL, tahap menganalisis beserta mengevaluasi proses pemecahan masalah, menunjukan persentase keterlaksaan paling rendah, maka dari itu harus memperhatikan alokasi waktu agar peserta didik memiliki kesempatan yang cukup untuk berdiskusi, menganalisis, serta menuangkan hasil diskusi melalui bahan ajar digital dengan bimbingan yang optimal dari pendidik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains; Bahan Ajar; PBL; ADDIE
Subjects: Natural Science
Electricity
Applied Physics > Generating Machinery and Converters
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ai Asmi Siti Ahdiah
Date Deposited: 22 Dec 2025 03:52
Last Modified: 22 Dec 2025 03:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126869

Actions (login required)

View Item View Item