Andini, Gita Tri (2018) Manajemen pengembangan kurikulum: penelitian di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Cicalengka Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (426kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (882kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perubahan kurikulum yang berlaku di MTs Al-Falah Cicalengka, yakni perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum 2013 Revisi sebagai bentuk penyempurnaan Kurikulum 2013 sebelumnya. Pengembangan kurikulum di MTs Al-Falah Cicalengka masih dalam tahap penyempurnaan dikarenakan terdapat berbagai faktor yang menjadikan pengembangan kurikulum tersebut belum berjalan secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi objektif Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Cicalengka Kabupaten Bandung, perencanaan pengembangan kurikulum, pelaksanaan pengembangan kurikulum, hasil pengembangan kurikulum, dan evaluasi pengembangan kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Cicalengka Kabupaten Bandung. Titik fokus dari tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kurikulum MTs Al-Falah Cicalengka. Penelitian ini berangkat dari pemikiran mengenai kurikulum yang terdapat pada UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003 BAB X Pasal 36 Ayat 1 dan 2 yang menyatakan bahwa pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik. Sehingga pengembangan kurikulum yang akan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah/madrasah itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data sebelum di lapangan, analisis data di lapangan dan analisis data selama di lapangan. Adapun uji absah data yang digunakan adalah perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan membercheck. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa MTs Al-Falah Cicalengka telah melakukan pengembangan kurikulum dengan proses (1) perencanaan yang dilakukan oleh Kepala Madrasah dengan dibantu oleh Pembantu Kepala Madrasah, (2) pelaksanaan pengembangan kurikulum dilakukan melalui proses pembelajaran di dalam kelas yang mengacu kepada silabus dan RPP, (3) hasil pengembangan kurikulum berupa pengembangan kurikulum 2013 menjadi kurikulum 2013 revisi, (4) evaluasi pengembangan kurikulum oleh kepala madrasah dilaksanakan dalam jangka waktu satu semester dan evaluasi oleh guru bidang studi dilaksanakan setiap selesai proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Pengembangan Kurikulum; MTs Al-Falah Cicalengka |
Subjects: | Education Curricula |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Gita Tri Andini |
Date Deposited: | 14 Aug 2018 03:55 |
Last Modified: | 14 Aug 2018 03:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12696 |
Actions (login required)
View Item |