Merdekawati, Agustina (2011) Pengembangan profesionalisme pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Lakbok Banjar-Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (121kB) | Preview |
|
Text (BAB I SD IV)
4_bab1sd4.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
Abstract
Madrasah Tsanawiyah Negeri Lakbok merupakan salah satu lembaga pendidikan yang jika ditinjau dari kondisi fisik, sarana dan prasarana cukup sederhana tapi di dalamnya memiliki karakteristik Islam dan tenaga pendidik yang berkompeten dalam mengelola sistem pendidikan sehingga mencapai keberhasilan dalam pelaksanaan pendidikannya. Tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pengembangan profesionalisme pendidik MTsN Lakbok Banjar-Ciamis. Dalam penelitian ini penulis ungkapkan juga faktor penunjang dan penghambat terhadap pelaksanaan pengembangan profesionalisme pendidik dalam kegiatan proses pembelajaran di MTsN Lakbok Banjar-Ciamis. Penelitian ini bertitik tolak pada pemikiran bahwa kualitas keberhasilan pendidikan banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya profesionalisme pendidik. Seorang pendidik sangat berperan penting dalam kelancaran dan keberhasilan siswa dalam belajar karena pendidik menjadi sentral dan tauladan bagi peserta didiknya, dengan kata lain pendidik menjadi ujung tombak dalam pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan berbagai masalah dan data. Disamping itu penulis menggunakan studi kepustakaan untuk menggunakan berbagai teori dari para ilmuan dan selanjutnya di gunakan berbagai alat analisis data. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan cara menelaah data yang ada, mereduksi data dan menafsirkan data. Dari data yang ditemukan di MTsN Lakbok Banjar-Ciamis dapat ditarik kesimpulan bahwa konsep pengembangan profesionalisme di MTsN Lakbok tersebut mengacu pada pengembangan profesionalisme Sumardi (2001: 64)meliputi: afiliasi komunitas, kebutuhan untuk mandiri, keyakinan terhadap pelaturan sendiri, dedikasi pada profesi, kewajiban sosial. Adapun yang menjadi faktor penunjang ialah sistem kepemimpinan yang baik dan produktif, minat guru dalam mengembangkan kompetensinya dan Letak geografis yang cukup strategis. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah tidak akuratnya waktu implementasi, kurang berkesinambunganya dukungan kantor pusat dalam kegiatan kegiatan program pengembangan profesionalisme pendidik, terbatasnya dana yang tersedia, sarana dan prasarana yang tidak menunjang, lingkungan keluarga dan masyarakat yang berbeda-beda. Hasil dari pengembangan kompetensi guru ialah secara mendasar guru lebih memahami siswanya sehingga mengerti cara yang lebih kondusif dalam mendidik dan hasilnya adanya perubahan tingkah laku siswa yang diejawantahkan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | profesionalisme; pendidik; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 01:08 |
Last Modified: | 17 Nov 2018 04:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1275 |
Actions (login required)
View Item |