Komunikasi dakwah bahasa sunda K.H. AF Ghazali: Studi deskriptif ceramah bahasa sunda K.H. AF Ghazali di MP3 CD-Player vol.1

Maulana, Ade Ifan (2018) Komunikasi dakwah bahasa sunda K.H. AF Ghazali: Studi deskriptif ceramah bahasa sunda K.H. AF Ghazali di MP3 CD-Player vol.1. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak..pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah islam memiliki tujuan untuk memancing dan mengharapkan potensi fitri dihadapan Tuhan dan sejarahnya. Dakwah diartikan sebagai proses internalisasi, transmisi, difusi, transformasi, dan aktualisasi penghambaan kepada Allah yang berkaitan dengan sesama manusia yang melibatkan da’i, mad’u, uslub, wasilah, dan maudhu dalam mencapai tujuan tertentu. Dakwah menggunakan bahasa sunda sebagai bentuk komunikasi langsung kepada masyarakat sunda serta bagian dari penjagaan dan pelestarian budaya bahasa yang dilakukan oleh para mubaligh, salahsatu dakwah yang disampaikan oleh KH. AF Ghazali yaitu menggunakan bahasa sunda sebagai bentuk komunikasi kepada mad’u. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi dakwah yang disampaikan oleh KH. AF Ghazali kepada masyarakat. Secara lebih rinci tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi dakwah bahasa sunda secara verbal, komunikasi dakwah secara non-verbal, serta pemahaman materi dakwah yang disampaikan oleh KH. AF Ghazali kepada masyarakat menggunakan Bahasa Sunda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen berupa MP3 CD-Player vol.1. sedangkan penelitian ini didasarkan pada asumsi teori Retorika yang dikembangkan oleh Aristoteles. Asumsi teori Reorika ini mengacu pada dakwah yang berimplementasi pada ceramah menggunakan Bahasa Sunda yang ditijau dari aspek ethos, pathos dan logos. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan dakwah sebagai komunikasi verbal yang dilakukan oleh KH. AF Ghazali menggunakan bahasa sunda dapat mengubah pola pikir para pendengarnya. Karena dakwah yang disampaikan menggunakan Bahasa Sunda secara mudah dipahami oleh masyarakat sunda serta materi yang disampaikan mudah masuk kedalam hati mad’u. kemudian dalam komunikasi non-verbal KH. AF Ghazali merupakan mubaligh yang sederhana dan memiliki sikap yang ramah kepada keluarga juga masyarakat, kemudian materi yang disampaikan dapat secara mudah diterima karena materi dakwah yang disampaikan oleh beliau termasuk materi ringan dan menjelaskan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: komunikasi; dakwah; Bahasa Sunda; K. H. AF Ghazali
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ade Ade Ade
Date Deposited: 14 Aug 2018 06:38
Last Modified: 14 Aug 2018 06:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12759

Actions (login required)

View Item View Item