Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an: Penelitian di Pondok Pesantren Al-Ashr Al-Madani Kabupaten Bandung

Fatmawati, Eva (2018) Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an: Penelitian di Pondok Pesantren Al-Ashr Al-Madani Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren Al-Ashr Al-Madani merupakan pondok pesantren yang memiliki konsep dengan memfokuskan terhadap Tahfidzul Qur’an, hal yang menjadi permasalahan di dalam program Tahfidz Al-Qur’an tersebut dalam proses pembelajaran, terlihat dari belum sesuainya metode yang digunakan dalam manajemen pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: latar alamiah Pondok Pesantren Al-Ashr Al-Madani, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil yang di capai dalam manajemen pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Ashr Al-Madani kab.bandung. Manajemen ialah suatu ilmu yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia secara efektif untuk mencapai suatu tujuan tertentu, menurut GR Terry dengan berdasarkan urutan fungsi-fungsi manajemen terdapat empat fungsi yaitu, planning, organizing, actuating, controlling. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskritif-kualitatif yaitu menggambarkan dan mengungkapkan fakta yang ada kemudian dijelaskan secara deskriptif dengan menggunakan kata-kata atau uraian. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui teknik wawancara, Teknik observasi dan Teknik studi dokumentasi atau menyalin. Berdasarkan hasil penelitian ini di peroleh kesimpulan bahwa, pondok pesantren Al-Ashr Al-madani merupakan pondok pesantren Boarding School dibawah yayasan Fadhilah Aswanda, dengan berbasis pada tahfidzul qur’an. Perencanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an memiliki empat tahap perencanaan yaitu, memiliki motivasi diri yang kuat untuk menghafal, tes kemampuan awal, lalu untuk mengukur santri apakah cocok atau tidak menjadi santri penghafal dengan ditargetkan 10 zuz, dan mengikuti psikotest wawancara. Pengorganisasian pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dilaksanakan untuk menentukan tugas dan mekanisme dalam proses pembelajaran tahfidz al-qur’an. Pelaksanaan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an sudah dilaksanakan dan berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Pengawasan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an ialah melakukan pemantauan terhadap santri dengan melihat buku setoran santri, mengabsen kehadiran santri saat mengikuti proses pembelajaran. faktor pendukung ialah dari dalam diri sendiri motivasi yang kuat, dan dari faktor lingkungan pondok pesantren. Faktor penghambat antara lain dari kurangnya istiqomah anak santri dalam menghafal, susahnya dalam mempelajari makhorijul huruf karena anak santri banyak yang malas, Keberhasilan yang diraih Pondok Pesantren Al-Ashr Al-Madani dapat dilihat dari hasil prestasi nya mengikuti perlombaan Tahfidz Al-Qur’an dengan berbagai tingkatan dan juara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: manajemen; pembelajaran tahfidz Al-Qur'an; Pondok Pesantren Al-Ashr Al-Madani
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Eva Fatmawati
Date Deposited: 14 Aug 2018 06:24
Last Modified: 14 Aug 2018 06:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12762

Actions (login required)

View Item View Item