Pengaruh jumlah pembiayaan istishna’ dan jumlah pembiayaan mudharabah terhadap laba bersih pada PT Bank Syariah Bukopin periode 2015-2017

Rahmansyah, Moch. Fahrul (2018) Pengaruh jumlah pembiayaan istishna’ dan jumlah pembiayaan mudharabah terhadap laba bersih pada PT Bank Syariah Bukopin periode 2015-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Laba bersih merupakan laba dari bisnis perusahaan yang sedang berjalan setelah bunga dan pajak. Indikator yang dapat mempengaruhi besar kecilnya Laba bersih diantaranya jumlah pembiayaan istishna’ dan jumlah pembiayaan Mudharabah. Jumlah Pembiayaan Istishna’ merupakan suatu kontrak jual beli anta pembeli (mustashni) dan penjual (shani’) dimana pembeli memesan barang (mashnu’) dengan kriteria yang jelas dan berharganya dapat diserahkan secara bertahap atau juga dinyatakan, Jumlah pembiayaan mudharabah merupakan akad kerjasama usaha antara pihak pemilik dana (shahib al-mal) dengan pihak pengelola dana (mudharib) dimana keuntungan dibagi sesuai nisbah yang disepakati. Apabila jumlah pembiayaan istishna’ dan jumlah pembiayaan mudharabah tinggi maka akan meningkat nilai laba bersih. Permasalahan muncul ketika jumlah pembiayaan istishna’dan jumlah pembiayaan mudharabah turun, laba bersih juga naik dan sebaliknya. Dalam hal ini telah terjadi ketidaksesuaian antara teori dan fenomena yang ada, sehingga penulis melakukan penelitian tentang pengaruh jumlah pembiayaan istishna’ dan jumlah pembiayaan mudharabah terhadap laba bersih pada PT. Bank Syariah Bukopin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh jumlah pembiayaan istishna’ terhadap laba bersih, 2) Pengaruh jumlah pembiayaan mudharabah terhadap laba bersih dan 3) Pengaruh jumlah pembiayaan istishna’ dan jumlah pembiayaan mudharabah terhadap laba bersih secara simultan pada PT. Bank Syariah Bukopin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data kuantitatif yang diperoleh dari laporan keuangan publikasi PT. Bank Syariah Bukopin periode 2015-2017. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis kuantitatif meliputi analisis regresi, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji signifikansi melalui uji t (parsial) dan Uji F (simultan). Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan: 1) Jumlah Pembiayaan Istishna’ berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Laba Bersih dan perubahan laba bersih dapat dijelaskan oleh jumlah pembiayaan istishna’ sebesar 4.0%. 2) Jumlah pembiayaan mudharabah berpengaruh positif tidak signifikan terhadap laba bersih dan perubahan laba bersih dapat dijelaskan oleh jumlah pembiayaan mudharabah sebesar 8.0%. dan 3) Jumlah pembiayaan istishna’ dan jumlah pembiayaan mudharabah secara simultan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap laba bersih pada PT. Bank Syariah Bukopin dan perubahan laba bersih dapat dijelaskan oleh jumlah pembiayaan istishna’ dan jumlah pembiayaan mudharabah sebesar 10.1% dan sisanya 89.9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jumlah pembiayaan istishna’; Jumlah pembiayaan mudharabah; Laba bersih.
Subjects: Econmics
Accounting > Education, Research of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Moch. Fahrul Rahmansyah
Date Deposited: 14 Aug 2018 06:47
Last Modified: 14 Aug 2018 06:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12763

Actions (login required)

View Item View Item