Respon jama'ah terhadap pengajian rutin tafsir tematik: Studi deskriptif di Masjid An-Nabati Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat

Aprilianty, Devira (2018) Respon jama'ah terhadap pengajian rutin tafsir tematik: Studi deskriptif di Masjid An-Nabati Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (824kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy

Abstract

Pengajian adalah salah satu bentuk dakwah. Bentuk kegiatan yang cukup dikenal oleh masyarakat, baik di pesantren, majelis ta’lim maupun di masjid. Pengajian mengandung arti penyampaian pesan dakwah yang disampaikan kepada mad’u melalui metode bil-lisan. Pengajian ini biasanya disampaikan oleh guru agama yang saat ini lebih identik dengan para Kiyai maupun Ustadz, dengan menggunakan acuan atau pegangan kitab kuning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perhatian, Pemahaman, dan Penerimaan jama’ah masjid An-Nabati terhadap pengajian Tafsir Tematik di Masjid An-Nabati yang terletak di wilayah kantor Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Jalan Soekarno Hatta No.751, Cisaranten Endah, Bandung, Jawa Barat 40292. Penelitian ini mengacu pada kerangka teori psikologi behavioristik S-O-R, yakni stimulus, Organisme, dan Respon. Adapun yang jadi stimulusnya adalah pengajian tafsir tematik, Organismnya adalah jama’ah An-Nabati yang mengikuti pengajian tafsir tematik di Masjid An-Nabati yang terletak di wilayah kantor Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Jalan Soekarno Hatta No.751, Cisaranten Endah, Bandung, Jawa Barat 40292. Sedangkan responnya adalah perhatian, pemahaman dan penerimaaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, pengumpulan datanya dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pengajian bandung kuping, mendapatkan respon yang baik dari jama’ah An-Nabati yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa respon jama’ah (bapak-bapak) terhadap pengajian Tafsir Tematik sangat baik. Dari respon perhatian, beberapa informan menyatakan mengikuti pengajian secara rutin, respon pemahaman menyatakan memahami terhadap pengajian tafsir tematik, dan respon penerimaan menyatakan menerima pengajian tafsir tematik di Masjid An-Nabati. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa pengajian merupakan salah satu istilah yang cukup dikenal di kalangan masyarakat. Istilah ini merujuk kepada salah satu bentuk kegiatan yang sering dilakukan di masjid atau majelis-majelis tertentu. Pengajian juga sebagai salah satu metode pembelajaran dalam memperluas agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: jamaah; pengajian; tafsir tematik
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Devira Aprilianty Liansyah
Date Deposited: 16 Aug 2018 07:30
Last Modified: 16 Aug 2018 07:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12786

Actions (login required)

View Item View Item