Rimayanti, Rimayanti (2018) Manajemen humas dalam memelihara citra perusahaan: Studi kasus tentang program penerimaan kunjungan industri PT.Pindad (Persero) Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (644kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen Humas merupakan pengelolaan suatu program kegiatan humas untuk mencapai tujuan dalam meningkatkan citra lembaga dimata pubiknya, baik internal maupun eksternal. PT.Pindad (Persero) merupakan perusahaan yang melaksanakan pemeliharaan citra melalui kunjungan industri. Kunjungan industri tersebut dilakukan oleh departemen komunikasi korporat bagian protokol. Terdapat beberapa hal yang menjadi daya tarik bagi penulis untuk meneliti kegiatan kunjungan industri ini, yang mana dalam kegiatan kunjungan industri PT.Pindad (Persero) memelihara hubungan baik dengan publiknya melalui keterbukaan informasi yang diberikan pada saat kunjungan industri, terlebih PT.Pindad (Persero) memiliki identitas sebagai satu-satunya industri pertahanan di Indonesia yang memiliki kesan diluar sebagai perusahaan yang tertutup dan menyeramkan. Penelitian yang dilakukan menggunakan paradigma konstruktivisme yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang membantu proses interpretasi peristiwa yang terjadi mengenai kunjungan industri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena dalam konteks sosial secara alamiah. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui proses pemeliharaan citra melalui kunjungan industri secara mendalam dan menyeluruh. Konsep yang digunakan adalah konsep four steps public relations dari Cutlip, Center and Broom, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipatori pasif, dan wawancara mendalam. Teknis analisis yang digunakan adalah reduksi data dan penyajian data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen yang dilakukan oleh Humas PT.Pindad (Persero) dalam mengelola program kunjungan industri memiliki pengaruh terhadap pemeliharaan citra yang dilakukan oleh perusahaan dan sesuai dengan konsep four steps public relations dari Cutlip, Center and Broom yakni proses perencanaan dengan menetapkan tujuan, melakukan operasionalisasi persuratan, menyiapkan tempat, membuat schedule dan rundown acara dan melakukan briefieng. Proses implementasi dengan melakukan pemaparan materi dan plant tour. Proses evaluasi berserta pecarian data dan fakta dengan mewawancarai pengunjung dan evaluasi tahunan perusahaan. PT.Pindad (Persero) is a company or agency that carries out image maintenance through industry visits. The industry visit was undertaken by the corporate communication department of the protocol section. There are several things that become the attraction for the author to examine the activities of this industry visit, which in the visit PT.Pindad (Persero) industrial activities maintain good relations with the public through the disclosure of information provided at the visit of the industry, especially PT.Pindad (Persero) has an identity as the only defense industry in Indonesia that has the impression of being outside as a closed and creepy company. The concept of four steps public relations from Cutlip Center and Broom is defining PR problem, planning and programming, taking action and implementing and evaluating the program chosen as the concept in research because it able to construct the process of image maintenance through industry visit. Research conducted using constructivism paradigm that aims to gain understanding that helps the process of interpretation of events that occur on the visit of the industry. This research uses qualitative method which aims to understand phenomenon which in social context naturally. The approach used is a case study approach that aims to know the process of maintaining the image through industry visits in depth and thorough. The concept used is the concept of four steps public relations from Cutlip, Center and Broom, using passive participatory data collection techniques, and in-depth interviews. Technical analysis used is data reduction and data presentation. The result of this research shows that the management conducted by PT.Pindad (Persero) Public Relations in managing the industrial visit program in accordance with the concept of four steps public relations from Cutlip, Center and Broom. Planning process by setting objectives, operationalizing mailings, preparing places, making schedules and rundown events and conducting briefings. Implementation process with material exposure and plant tour. Evaluation process along with data and fact finding with interviewing visitors and annual evaluation of the company.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Humas; Kunjungan Industri; Citra |
Subjects: | General Management > Planning and Strategic Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Rima yanti rima |
Date Deposited: | 15 Aug 2018 06:58 |
Last Modified: | 15 Aug 2018 06:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12798 |
Actions (login required)
View Item |