Praktik Jual Beli Lubang Galian Emas Di Desa Mangunjaya Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi Menurut Hukum Ekonomi Syariah

Amanda, Mulia Islami (2018) Praktik Jual Beli Lubang Galian Emas Di Desa Mangunjaya Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi Menurut Hukum Ekonomi Syariah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy

Abstract

Di lingkungan masyarakat Desa Mangunjaya Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi, telah dikenal usaha yg disebut jual beli libag galian yang mengandung emas. Jual beli lubang galian emas di Desa Mangunjaya Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi sudah menjadi adat kebiasaan atau tradisi sehingga tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari masyarakat untuk memperoleh kehidupan yang lebih layak Penelian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli lubang galian emas, untuk mengetahui manfaat dan mudharat jual beli lubang galian emas, dan mengetahui tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik jual beli lubang galian emas di desa Mangunjaya Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif dengan mengkaji data primer langsung dari sumber asli dan data sekunder. Teknik pengumupulan data yang digunakan melalui observasi langsung kelapangan, wawancara dengan sumber asli dan studi kepustakaan. Sehingga ditarik kesimpulan secara deduktif. Hasil dari penelitian ini menurut Hukum Ekonomi Syariah menunjukkan bahwa jual beli lubang galian yang mengandung emas di tanah milik pribadi adalah sah karena rukun dan syaratnya telah terpenuhi serta jual beli tersebut terjadi karena adanya kerelaan antara pihak pemilik tanah/penjual dan pembeli. Sedangkan jual beli lubang galian yang mengandung emas di tanah milik pemerintah adalah tidak sah, karena penjual tidak berperan sebagai pemilik tanah melainkan memanfaatkan dan mengambil keuntungan ditanah milik orang lain (pemerintah) secara sewenang-wenang tanpa izin atau ghasab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jual beli; lubang; emas;
Subjects: Law > Research and Statistical Methods of Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Mulia Islami Amanda
Date Deposited: 20 Aug 2018 02:29
Last Modified: 20 Aug 2018 02:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/12862

Actions (login required)

View Item View Item