Dakwah tuan guru baba Abdulkarim bin Hasbullah Naknawa Study deskriptif: tentang kegiatan tabligh di pesantren pondok dala Pattani Thailand

salaeh, yamilah (2018) Dakwah tuan guru baba Abdulkarim bin Hasbullah Naknawa Study deskriptif: tentang kegiatan tabligh di pesantren pondok dala Pattani Thailand. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab i.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab ii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
bab iii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
bab iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy

Abstract

Tabligh merupakan proses penyebaran ajaran Islam yang terdiri dari mubaligh, materi tabligh, metode tabligh, media tabligh dan mubalagh. Dalam proses penyebaran ajaran Islam sumber materi yang disampaikan oleh mubaligh adalah al-qur’andan al-hadits yang terdiri dari masalah keimanan (aqidah), masalahkeislaman (syariah), dan masalah budi pekerti (akhlakkarimah). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran faktual berupa penjelasan tentang Dakwah Tuan Guru Baba Abdul Karim Bin Hasbullah Naknawa, penelitian ini dilakukan di Pesantren Pondok Dala di Pattani. Penelitian ini merupakan kajian tentang bagaimana metode dakwah Tuan Guru Baba. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dan sampel diambil secara purposif. Data dikumpulkan melalui observasi terlibat, wawancara mendalam dan kepustakaan. Analisis data dilakukan secara induktif melalui interpretasi informasi dihubungkan dengan konteks sosial. Dalam penelitian ini dijelaskan bahwa Tuan Guru Baba memiliki berbagai macam metode dan materi dalam menyampaikan dakwahnya. Diantara metode tabligh yang digunakan adalah metode ceramah, metode Tanya jawab, metode diskusi, metode halaqah dan lain sebagainya. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pemikiran dan metode tabligh Tuan Guru Baba yang dinamis melingkupi semua unsure tabligh sehingga menunjukan metode dalam tablighnya. Selain itu, pola tabligh yang diterapkannya pun jelas dan terarah sesuai dengan konteks kebutuhan mubalaghnya sehingga masyarakat akan sangat mudah menerimanya. Selain itu, metode yang digunakan oleh Tuan Guru Baba sangat membantu dalam meningkatkan motivasi masyarakat untuk mengikuti pengajian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mubaligh; Muballaghah
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: yamilah salaeh miss
Date Deposited: 06 Sep 2018 02:45
Last Modified: 06 Sep 2018 02:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12881

Actions (login required)

View Item View Item