Manajemen program penguatan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung

Izzati, Marhamah Abdil (2018) Manajemen program penguatan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Penguatan Pendidikan Karakter merupakan program untuk menyiapkan generasi emas yang memiliki 5 karakter utama yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Hal tersebut diperkuat dalam Peraturan Presiden No.87 tahun 2017 tentang PPK (Penguatan Pendidikan Karakter). Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung merupakan jenjang Pendidikan yang membutuhkan manajemen program penguatan Pendidikan karakter yang terintegrasi dalam kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Manajemen program penguatan Pendidikan karakter merupakan sistem pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan dengan menginternalisasikan dan mengintegrasikan nilai-nilai karakter pada: (a) setiap komponen manajemen pendidikan; (b) pada proses perencanaan, pengorganisasian, implementasi, pengawasan dan evaluasi manajemen pendidikan; dan (c) pada sasaran kinerja yakni pengelolaan kurikulum dan pembelajaran, peserta didik, ketenagaan, keuangan, sarana prasarana, administrasi, keorganisasian, peran masyarakat dan lingkungan, iklim serta budaya berbasis karakter. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan latar alamiah, perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pembinaan, penilaian, pengembangan, dan hasil program penguatan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data yang digunakan adalah unitisasi, kategorisasi, dan penafsiran deskriptif semata-mata. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat, kecakupan referensi, analisis kasus negatif, pengecekan anggota, uraian rinci, audit kebergantungan, dan audit kepastian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung berjalan secara efektif. Dalam perencanaan yang diawali dengan analisis kebutuhan peserta didik dan di rumuskan dalam rencana strategi, yang kemudian pengorganisasian yang dilakukan dengan membagi tugas dan tangung jawab sesuai dengan yang tercantum dalam tupoksi tenaga pendidik dan kependidikan madrasah. Penggerakan dilakukan dengan memberi dorongan untuk meningkatkan prestasi dan memberi apresiasi kepada yang terbaik di setiap semesternya. Pembinaan yang dilakukan dalam bentuk pembiasaan pada kehidupan sehari-hari, penilaian untuk melihat ketercapaian program melalui pengawasan dan supervisi. Serta pengembangan yang terus dilakukan dengan memberikan inofasi baru dalam setiap kegiatan yang dilakukan menghasilkan peserta didik yang memiliki karakter baik sesuai dengan visi misi madrasah. ABSTRACT Marhamah Abdil Izzati : Management Of Strengthening Character Building Program In Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung. Strengthening character education is a program to prepare for the golden generation has 5 main characters namely, religious, nationalist, self help, mutual, and integrity. It is reinforced in the presidential Regulation No. 87 year 2017 about PPK (reinforcement of education characters). Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung is the level of Education that require strengthening character education program management integrated in curricular, extracurricular, and kokurikuler. Character education strengthening program management is the management system and the Organization of education with internalize and integrate values in character: (a) any component of the management of education; (b) in the process of planning, organizing, implementing, monitoring and evaluation of the management of education; and (c) on target performance i.e. management of curriculum and learning, learners, workforce, finance, infrastructure, administrative, organizational, the role of society and the environment, climate and culture-based characters. This research aims to describe the natural setting, the planning, organizing, actuating, applying, evaluating and result of strengthening character building program. The methods used in this research is qualitative, descriptive methods. The technique of data collection conducted with interview techniques, observation, and study the documentation. Meanwhile, in analyzing the data used is unitisasi, categorization, and purely descriptive interpretation. While the validity of the test data is done with the extension of participation, persistence of observation, triangulation, the associate examination, reference, negative case analysis, detailed description of members, checking, auditing dependent audit, and assurance. The results of this research indicate that Program Management Strengthening character education at Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung run effectively. In planning that begins with an analysis of the needs of learners and deduce the plan in strategy, which was then the organizing is done by dividing the tasks and responsibilities in accordance with that stated in the auth educators and madrasah education. Penggerakan done by giving encouragement to improve achievement and gives appreciation to the best in each semester. Coaching is done in the form of conditioning in daily life, ketercapaian to see the assessment program through oversight and supervision. As well as the development of which continues to be done by giving a new inofasi in any activity conducted produce learners who have good character in accordance with the vision of the Mission of the madrasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Program pendidikan karakter
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Marhamah Abdil Izzati
Date Deposited: 23 Aug 2018 08:17
Last Modified: 23 Aug 2018 08:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/12961

Actions (login required)

View Item View Item