Pengaruh Pendapatan Operasional Lainnya dan Pendapatan Margin Murabahah terhadap Laba Bersih pada PT. Bank Maybank Syariah Indonesia periode 2012-2016

Bangun, Muhammad Gambo (2018) Pengaruh Pendapatan Operasional Lainnya dan Pendapatan Margin Murabahah terhadap Laba Bersih pada PT. Bank Maybank Syariah Indonesia periode 2012-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy

Abstract

Pendapatan operasioanal lainnya dan pendapatan margin murabahah banyak terdapat pada laporan keuangan perbankan syariah, terutama pada akad murabahah karena merupakan akad pembiayaan yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Tentu saja hal ini menjadi pendapatan yang signifikan bagi perbankan. Kedua pendapatan tersebut secara teori jelas memengaruhi perolehan laba bersih yang diterima oleh bank. Tetapi pada PT. Bank Maybank Syariah Indonesia mengalami fenomena yang berbeda ketika seharusnya pendapatan meningkat tentu saja akan diikuti oleh peningkatan pada laba bersih. Pada periode tertentu saat pendapatan mengalami peningkatan justru bertolak belakang dengan laba bersih yang mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui pengaruh pendapatan operasional lainnya terhadap laba bersih, (2) untuk mengetahui pengaruh pendapatan margin murabahah terhadap laba bersih, (3) untuk mengetahui pengaruh pendapatan operasional lainnya dan pendapatan margin murabahah terhadap laba bersih pada PT. Bank Maybank Syariah Indonesia periode 2012-2016. Penelitian ini menggunakan data skunder dan data primer, untuk data sekunder menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan analisis kuantitatif. Teknis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, analisis korelasi parsial, koefisien determinasi, dan uji t serta dianalisis secara simultan dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda dan uji F. Didukung dengan SPSS for Windows 16.00. Hasil Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan hasil perhitungan didapatkan uji t dengan nilai thitung ≥ ttabel yaitu 5,700 ≥ 2,101 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh positif antara Pendapatan Operasional Lainnya terhadap Laba Bersih, (2) berdasarkan hasil perhitungan didapatkan uji t dengan nilai thitung ≤ ttabel yaitu -0,234 ≤ 2,101 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruh positif antara pendapatan margin murabahah terhadap laba bersih, (3) berdasarkan hasil perhitungan didapatkan uji F dengan nilai fhitung ≥ ftabel atau 30,136 ≥ 3,59 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pengaruh Pendapatan Operasional Lainnya dan Pendapatan Margin Murabahah terhadap Laba Bersih. Hasil koefisien determinasi diperoleh sebesar 77,9%. Sisanya 21,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Operasional Lainnya; Pendapatan Margin Murabahah; Laba Bersih
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Banks
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Gambo Bangun
Date Deposited: 29 Aug 2018 06:27
Last Modified: 29 Aug 2018 06:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13007

Actions (login required)

View Item View Item