Implementasi human relations melalui kegiatan informal: studi kasus pada humas perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten

Hazanah, Lydia (2018) Implementasi human relations melalui kegiatan informal: studi kasus pada humas perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten merupakan perusahaan atau instansi yang melaksanakan Human Relations melalui kegiatan informal, kegiatan informal tersebut dilakukan oleh Unit Seksi Humas dan Protokoler pada Bidang Ekspert Madya Komunikasi dan Pelaporan. Terdapat beberapa hal yang menjadi daya tarik bagi penulis untuk meneliti kegiatan informal ini selain penerapan Human Relationsnya, peneliti pun tertarik dengan kegiatan informalnya yang dimana tidak semua instansi atau perusahaan menjalankan Human Relations melalui kegiatan informal seperti olahraga bersama, makan bersama dan lain-lain yang dijalankan. Konsep POAC yaitu perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), Pelaksanaan (Actuating), dan pengawasan (Controling), konsep ini dipilih karena mampu mengkontruksikan secara holistik proses implementasi Human Relations melalui kegiatan informal ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang gambaran implementasi Human Relations melalui kegiatan informal melalui konsep POAC dari mulai perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), pelaksanaan (Actuating) hingga pengawasan (Contoling) kegiatan tersebut, sehingga Perum Perhutani memerhatikan kegiatan informal di luar jam kantor agar dapat saling menciptakan kedekatan satu sama lain. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme yang bertujuan untuk memaknai makna-makna yang diungkapkan informan mengenai Human Relations melalui kegiatan informal ini. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian secara utuh dan menyeluruh dalam bentuk kata-kata pada suatu fenomena yang terjadi secara alamiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, karena penulis ingin mengetahi aspek “how” dan “why”yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik setiap manusia dengan cara berinteraksi secara langsung dan mendalam mengenai sebuah kasus, yang digambarkan pada konteks diatas mendasari untuk menggali dan mendeskripsikan Kegiatan-kegiatan di Perum Perhutani.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipatori pasif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Human Relations melalui kegiatan informal tersebut menggunakan konsep POAC yaitu perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), pelaksanaan (Actuating), dan pengawasan (Controling), sehingga dalam kegiatan informal di Perum Perhutani menerapkan atau mengimplementasi Human Relations melalui kegiatan informal tersebut dengan sebaik mungkin. Implementasi yang tercipta di Perum Perhutani dapat menciptakan kenyamanan, merasa dihargai dalam melaksanakan setiap pekerjaan, sehingga Human Relations melalui kegiatan informal perlu dilakukan dan dapat dipahami pula bahwa implementasi Human Relations melalui kegiatan informal di Perum Perhutani telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat menciptakan serta meningkatan produktivitas dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Human Relations; Kegiatan Informal
Subjects: Relationship of Libraries > Relationships with Government
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Lydia Lydia Hazanah
Date Deposited: 27 Aug 2018 06:55
Last Modified: 27 Aug 2018 06:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13052

Actions (login required)

View Item View Item