Pengaruh pendapatan premi dan hasil investasi terhadap laba bersih pada PT. Panin-Daichi Life Unit Syariah periode 2010-2017

Fauzi, Sidiq Ahmad Nur (2018) Pengaruh pendapatan premi dan hasil investasi terhadap laba bersih pada PT. Panin-Daichi Life Unit Syariah periode 2010-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Asuransi syari’ah adalah salah satu hasil inovasi manusia untuk meminimalisir resiko yang mungkin akan terjadi dimasa yang akan datang dan juga merupakan usaha saling memberikan manfaat diantara pihak yang terlibat didalamnya. Bagi pengelola asuransi syari’ah manfaat yang akan didapat adalah ujrah/fee atas pengelolaan dana premi dan juga pembagian hasil atas investasi yang pesertaasuransi amanahkan kepada pengelola asuransi syari’ah. Dengan dibatasinya cara pengelolaan seperti hanya boleh menginvestasikan dana pada yang bersifat halal, sejauh mana perusahaan asuransi syari’ah tetap bisa mempertahankan kinerja dalam menghasilkan laba bersih. Dalam penelitian ini penulis menjadikan PT. Panin-Daichi Life Unit Syariah sebagai unit peneltian. Berdasarkan uraian latar belakang diatas, penelitian ini bertujuam untuk : (1) Mengetahui pengaruh jumlah pendapatan premi secara parsial terhadap laba bersih pada PT. Panin-Daichi Life Unit Syariah periode 2010-2017. (2) Mengetahui pengaruh jumlah hasil Investasi secara parsial terhadap laba bersih pada PT. Panin-Daichi Life Unit Syariah periode 2010-2017. (3) Mengetahui pengaruh pendapatan premi dan hasil investasi secara simultan terhadap Laba Bersih PT. Panin-Daichi Life Unit Syariah Periode 2010-2017 Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Kemudian data yang digunakan adalah data sekunder Dari laporan keuangan tahunan periode 2010-2017. Tehnik pengumpulan data adalah kepustakaan, browsing, dan dokumentasi. Analisis data mengunakan analisis deskriptif, analisis regresi linier (linier dan berganda), analis korelasi, analisis determinasi, dan analisis hipotesis (uji t dan uji f). Disamping itu pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 23.0 dan Microsoft Excel 2010 sebagai penunjang data awal. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) secara parsial pendapatan premi berpengaruh tidak signifikan terhadap Laba Bersih dengan nilai R squere sebesar 0.00023 atau 0.023%. (2) secara parsial hasil investasi berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih dengan nilai R squere sebesar 0.718atau 71,8%. (3) secara simultan pendapatan premi dan hasil investasi berpengaruh dengan nilai R squere sebesar 0.833atau 83,3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perusahaan Asuransi; Pendapatan Premi; Hasil Investasi; Laba Bersih
Subjects: Financial Economics, Finance
Administration of Economy
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Sidiq Ahmad Nur Fauzi
Date Deposited: 08 Oct 2018 08:51
Last Modified: 08 Oct 2018 08:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13063

Actions (login required)

View Item View Item