Persepsi mahasiswa terhadap implementasi team-based leraning dalam mata kuliah Zoologi Vertebrata

Sa'adah, Sumiyati and Fransisca, Sudargo and Topik, Hidayat (2017) Persepsi mahasiswa terhadap implementasi team-based leraning dalam mata kuliah Zoologi Vertebrata. In: PROSIDING SEMABIO Seminar Nasional Biologi 2017 "PEMANFAATAN BIODIVERSITAS BERBASIS KEARIFAN LOKAL". Jurusan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung, pp. 801-809. ISBN 978-602-60030-1-0

[img]
Preview
Text
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Team-based learning (TBL) merupakan strategi pembelajaran aktif yang memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan konseptual. Dalam strategi ini, mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok kecil yang berdiskusi dan belajar satu sama lain serta terlibat aktif dengan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa pendidikan biologi setelah diterapkannya team-based learning dalam mata kuliah zoologi vertebrata. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa angket tertutup dan angket terbuka. Mahasiswa sebagai responden diminta persetujuannya (sangat setuju, setuju, netral, tidak setuju, sangat tidak setuju) terhadap pernyataan- pernyataan yang dipaparkan dalam angket tertutup dan menjawab pertanyaan pada angket terbuka. setiap jawaban dari angket tertutup dihitung persentasenya, sedangkan untuk angket terbuka dianalisis secara deskriptif. Dalam penelitian ini terdapat empat hal yang diidentifikasi, yaitu persepsi terhadap mata kuliah zoologi vertebrata, terhadap implementasi TBL, tahap-tahap TBL, dan dampak diterapkan TBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap implementasi TBL di dalam mata kuliah zoologi vertebrata karena TBL mengantarkan mahasiswa untuk menguasai konsep, melatih keterampilan berpikir kritis, keterampilan memecahkan masalah dan keterampilan berkomunikasi.

Item Type: Book Section
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Dr Sumiyati Sa'adah
Date Deposited: 29 Aug 2018 02:17
Last Modified: 12 Sep 2018 09:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13073

Actions (login required)

View Item View Item