Motivasi Berbasis Manajemen Qolbu Terhadap Perubahan Akhlak Remaja Awal: Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Daarut Tauhid Boarding School Putri Gegerkalong Girang Kota Bandung)

Dewi, Risniati (2018) Motivasi Berbasis Manajemen Qolbu Terhadap Perubahan Akhlak Remaja Awal: Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Daarut Tauhid Boarding School Putri Gegerkalong Girang Kota Bandung). Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ Daftar Isi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy

Abstract

Motivasi ialah keseluruhan dorongan, keinginan, kebutuhan dan daya yang sejenis yang mengarahkan perilaku. Motivasi menjadi pembimbing tujuan hidup seseorang, sehingga ia mampu mengatasi inferioritas yang benar-benar dirasakan dan mencapai superioritas yang lebih baik. Motivasi yang diberikan berbasis manajemen qolbu, yaitu dorongan dan keinginan berdasarkan hati nurani. Salahsatu akhlak yang baik ialah ketika melibatkan hati nurani pada amalan tersebut. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pelaksanaan motivasi berbasis manajemen qolbu yang ada di Sekolah Menengah Pertama Daarut Tauhid Boarding School Putri dan mengetahui bagaimana pengaruh motivasi berbasis manajemen qolbu terhadap perubahan akhlak remaja di Sekolah Menengah Pertama Daarut Tauhid Boarding School Putri di kota Bandung. Penelitian ini menggunkan metode kombinasi yaitu metode kualitatif sebagai deskripsi kenyataan dilapangan dan metode kuantitatif adanya pengaruh motivasi berbasis manajemen qolbu terhadap perubahan akhlak remaja awal di sekolah Menengah Pertama Daarut Tauhid Boarding School Putri Bandung. Sedangkan teknik penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil analisis data dengan pendekatan perbandingan dua rata-rata, dengan dua sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan motivasi manajemen qolbu sebesar 57.2% sedangkan setelah diberikan motivasi manajemen qolbu sebesar 77.2% artinya ada pengaruh antara motivasi manajemen qolbu terhadap akhlak remaja awal. Motivasi manajemen qolbu ini berpengaruh positif terhadap perubahan akhlak remaja awal sebesar 20%. Meskipun motivasi manajemen qolbu ini mengalami peningkatan sedang terhadap perubahan akhlak remaja awal di Sekolah Menengah Pertama Boarding School Putri di Gegerkalong Girang Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Manajemen Qolbu; Akhlak Remaja;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Risniati Dewi
Date Deposited: 30 Aug 2018 03:29
Last Modified: 30 Aug 2018 03:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13075

Actions (login required)

View Item View Item