Pengaruh Return On Assets (ROA) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): studi kasus pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk periode 2007-2016

Fitria, Syifa (2018) Pengaruh Return On Assets (ROA) dan Debt To Equity Ratio (DER) terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): studi kasus pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk periode 2007-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh besarnya rasio pembagian dividen Dividend Payout Ratio (DPR) PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Periode 2007-2016 yang berfluktuasi. Dividen yang berasal dari laba bersih akan dibagikan oleh pihak perusahaan kepada pemilik saham namun dengan memperhatikan kondisi perusahaan, diantaranya faktor profitabiltas dan hutang. Masalah yang penulis temukan yaitu mengenai kemampuan perusahaan membayar dividen, dipengaruhi oleh seberapa besar laba bersih yang ditunjukan oleh Return On Assets yang siap dibagikan, atau dana akan disimpan dan digunakan untuk melunasi utang yang besarnya tercermin dalam rasio Debt To Equity Ratio. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui seberapa besar pengaruh Return on Assets (ROA) secara parsial terhadap Dividend Payout Ratio (DPR) pada PT Indocement Tunggal Prakarsa; (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh Debt To Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Dividend Payout Ratio (DPR); serta (3) Mengetahui seberapa besar pengaruh Return on Assets (ROA) dan Debt To Equity Ratio (DER) seacara simultan terhadap Dividend Payout Ratio (DPR). Kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah apabila besarnya Return on Assets (ROA) perusahaan meningkat, maka besarnya dividen yang akan dibagikan pun bertambah. Selain itu, akan menyebabkan perusahaan mempertimbangkan apakah keuntungan perusahaan akan sepenuhnya dibagikan untuk membayar dividen, atau untuk memperkecil rasio hutang. Perusahaan dengan keuntungan besar dan dividen yang tinggi akan banyak diminati, namun di satu sisi investor akan berhati-hati pula apabila rasio hutang dalam struktur modalnya tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis metode analisis deskrpitif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk periode 2007-2016. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi Person Product Moment (PPM), analisis koefisien determinasi serta pengujian hipotesis dengan uji t dan uji f. Hasil penelitian secara parsial hasil uji t diperoleh thitung (-1,265) < ttabel (2,306) artinya bahwa H0 diterima dan Ha ditolak dengan kata lain secara parsial terdapat pengaruh tidak signifikan antara Return On Assets terhadap Dividend Payout Ratio. Debt To Equity Ratio (X2) menunjukkan hasil thitung (-1,803) < ttabel (2,306) yang artinya H0 diterima dan Ha ditolak, secara parial terdapat pengaruh tidak signifikan terhadap Dividend Payout Ratio. Hasil uji f menunjukkan fhitung (4,135) < ftabel (4,74), artinya H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya secara simultan Return On Assets (X1) dan Debt To Equity Ratio (X2) berpengaruh namun tidak signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (Y).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Return On Assets (ROA); Debt To Equity Ratio (DER); Dividend Payout Ratio (DPR)
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Syifa Fitria
Date Deposited: 29 Aug 2018 03:44
Last Modified: 29 Aug 2018 03:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13076

Actions (login required)

View Item View Item