Implementasi manajemen perpustakaan madrasah tsanawiyah: penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut Kabupaten Garut

Ahmad, Ceceng (2018) Implementasi manajemen perpustakaan madrasah tsanawiyah: penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (954kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Implementasi manajemen perpustakaan Madrasah Tsanawiyah merupakan pengelolaan perpustakaan yang didasarkan pada teori dan prinsip manajemen dilakukan secara sistematis dan terencana guna mencapai tujuan program secara efektif dan efisien. Pada pelaksanaan pengelolaan perpustakaan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut ada beberapa hal yang menarik untuk diteliti terutama mengenai implementasi manajemennya, seperti proses rekruitmen tenaga perpustakaan, pengadaan bahan pustaka, sarana dan prasarana perpustakan, penganggaran, proses pelayanan perpustakaan terhadap pengunjung dan pembaca, serta hal-hal teknis lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Latar alamiah, (2) Perencanan, (3) Pengorganisasian, (4) Pelaksanaan, (5) Pengawasan, (6) faktor pendukung dan penghambat, serta (7) Peningkatan Implementasi manajemen perpustakaan Madrasah Tsanawiyah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut. Manajemen perpustakaan sekolah/madrasah menurut Lasa merupakan proses dalam segala usaha pencapaian tujuan perpustakaan dengan memanfaatkan sumber daya manusia, informasi, ilmu pengetahuan sistem, sumber dana, sarana dan prasarana, dan sumber daya lain dengan tetap memperhatikan fungsi peran, dan keahlian. Sebagai suatu proses, Implementasi manajemen perpustakaan Madrasah Tsanawiyah berdampingan dengan empat aktivitas, yakni (a) perencanaan, (b) pengorganisasian, (c) pelaksanaan, dan (d) pengawasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan menyalin dokumen. Sedangkan dalam menganalisis data yang digunakan adalah analisis dengan penafsiran deskriptif semata-mata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut didirikan berdasarkan cita-cita hasil perencanaan terutama kepedulian masyarakat akan pentingnya lembaga pendidikan Islam. Implementasi manajemen perpustakaan Madrasah Tsanawiyah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut meliputi ; (2) Perencanaan bahan pustaka. Perencanaan tersebut meliputi, anggaran dan pengadaan bahan pustaka serta sarana prasarana perpustakaan; (3) Pengorganisasian perpustakaan madrasah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut meliputi struktur organisasi dan kesatuan dalam memberikan komando serta tenaga perpustakaan yang berjumlah 4 orang dengan kualifikasi yang memenuhi persyaratan dan dibantu dengan pustakawan siswa yang berjumlah 12 orang; (4) Penggerakan perpustakaan berupa job description yang dijelaskan oleh Kepala Madrasah dalam Surat Keputusan Kepala Madrasah untuk tenaga perpustakaan; (5) Pengawasan dalam implementasi manajemen perpustakaan Madrasah Tsanawiyah dilakukan pada tenaga perpustakaan dan fasilitas yang terkait dengan supervisi dilakukan oleh Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha dan Kepala Perpustakaan. Belum ada standar yang mengikat dengan objek pengawasan; (6) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi manajemen perpustakaan Madrasah Tsanawiyah meliputi tenaga perpustakaan dan fasilitas; (7) usaha peningkatan dalam implementasi manajemen perpustakaan Madrasah Tsanawiyah dengan melaksanakan workhsop dan pelatihan mengenai pengelolaan perpustakaan madrasah terhadap tenaga perpustakaan secara kontinu, serta melakukan pembiasaan dan pembuatan program rutinan kegiatan sekolah dalam rangka meningkatkan minat baca siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Manajemen Perpustakaan; Madrasah
Subjects: Adult Education > Adult Education in Indonesia
Organization an Management of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ceceng Ahmad
Date Deposited: 10 Sep 2018 04:00
Last Modified: 10 Sep 2018 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13109

Actions (login required)

View Item View Item