Pembuatan media pembelajaran augmented reality pada konsep perkembangan model atom

Putri, Sumi Anjani (2018) Pembuatan media pembelajaran augmented reality pada konsep perkembangan model atom. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan model atom merupakan materi kimia yang termasuk ke dalam jenis konsep yang bersifat abstrak, sehingga diperlukan media pembelajaran yang mampu memvisualisasikan konsep tersebut. Melalui metode designs based research (DBR) telah dihasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran augmented reality pada konsep perkembangan model atom dengan tahapan analisis, tahap pembuatan, tahap validasi dan tahap uji coba. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tampilan hasil media pembelajaran augmented reality pada konsep perkembangan model atom dan menganalisis kelayakan media pembelajaran augmented reality pada konsep perkembangan model atom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tampilan hasil media pembelajaran AR berkarakteristik visual yaitu media yang memvisualisasikan obyek 3D dari setiap konsep model atom ke dalam bentuk nyata yang dapat dilihat pada smartphone. Hasil uji validasi secara keseluruhan dinyatakan valid dengan rhitung rata-rata sebesar 0,79, sedangkan hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa secara keseluruhan dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan interpretasi tinggi rata-rata sebesar 83,02%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; augmented reality; perkembangan model atom
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Sumi Anjani Putri
Date Deposited: 29 Aug 2018 02:32
Last Modified: 29 Aug 2018 02:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13112

Actions (login required)

View Item View Item