Implementasi kuota keterwakilan perempuan calon anggota DPRD Kota Cilegon pada pemilihan umum legislatif tahun 2014 dihubungkan dengan undang-undang nomor 2 tahun 2011 tentang partai politik

Istiqomah, Istiqomah (2018) Implementasi kuota keterwakilan perempuan calon anggota DPRD Kota Cilegon pada pemilihan umum legislatif tahun 2014 dihubungkan dengan undang-undang nomor 2 tahun 2011 tentang partai politik. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (679kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9-daftarpustaka.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Sebagai negara demokrasi yang berlandaskan pancasila terutama sila kelima yakni keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, negara Indonesia menjunjung tinggi kebebasan politik setiap warga negaranya terlepas dari latar belakang suku, agama, ras, dan budaya termasuk dari segi jenis kelamin, yang mana dalam hal ini negara juga memberikan peluang kepada para perempuan untuk berpartisipasi dalam memainkan peranan politik di Indonesia. Kuota keterwakilan perempuan dalam undang-undang partai politik diatur pemenuhannya sebanyak 30%. Pada implementasinya, perempuan di Kota Cilegon harus memenuhi secara kualitas sebagai anggota dewan bukan hanya pemenuhan secara kuantitas saja. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis Sistem Pengkaderan oleh partai politik terkait dengan kuota keterwakilan perempuan di kota Cilegon, (2) Menganalisis kendala-kendala yang dihadapi oleh partai politik terkait dengan pemenuhan kuota keterwakilan perempuan di Kota Cilegon, (3) Menganalisis upaya-upaya yang dilakukan oleh partai politik dalam memecahkan kendala-kendala terhadap pemenuhan kuota keterwakilan perempuan di Kota Cilegon. Metode pendekatan penulisan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah bersifat Yuridis Empiris. Metode pengumpulan data yang diterapkan, diantaranya: (1) metode wawancara, (2) metode dokumen, (3) metode observasi. Sedangkan metode analisa yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan deduktif. Sesuai dengan penelitian lapangan yang telah penulis lakukan. Teori yang diterapkan dalam penelitian ini ialah: (1) teori negara hukum, (2) teori demokrasi, politik, pemilu, (3) teori kesetaraan dan keadilan gender. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi pemenuhan Caleg (calon legislatif) kuota keterwakilan perempuan 30% di Kota Cilegon belum berjalan secara optimal, (2) Terdapat dua kendala yang dihadapi oleh partai politik Kota Cilegon dalam pemenuhan kuota keterwakilan perempuan, yaitu kendala internal seperti kurangnya kualitas diri kader perempuan di dalam partai dan eksternal seperti pandangan masyarakat kota cilegon yang masih menganggap bahwa perempuan itu kurang layak untuk turut aktif di dunia politik, (3) Terdapat upaya yang dilakukan oleh partai politik dalam menghadapi kendala tersebut dengan cara sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya perempuan dalam berpolitik serta pengkaderisasian. Saran yang diajukan dalam Tesis ini ialah: (1) Perlu adanya pengkaderisasian khusus perempuan dari partai politik Kota Cilegon, (2) Meningkatkan sosialisasi kesadaran kepada masyarakat bahwa pentingnya bagi perempuan untuk berpolitik, (3) Mengadakan workshop-workshop bagi perempuan terkait pengetahuan dalam berpolitik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Politik perempuan; kuota keterwakilan 30%; pemilu
Subjects: Political dan Government Science > Political Situation and Condition in Indonesia
Civil Rights > Political Rights
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Istiqomah Istiqomah
Date Deposited: 12 Sep 2018 02:30
Last Modified: 12 Sep 2018 02:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13206

Actions (login required)

View Item View Item