Pelaksanaan Akad Pembiyaan Musyarakah Mutanaqishah pada Pengadaan Refinancing Renovasi Rumah di Bank Syari'ah Mandiri Kantor Cabang Bandung Buah Batu

Syadiah, Ema Rohimah (2018) Pelaksanaan Akad Pembiyaan Musyarakah Mutanaqishah pada Pengadaan Refinancing Renovasi Rumah di Bank Syari'ah Mandiri Kantor Cabang Bandung Buah Batu. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (826kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy

Abstract

Pembiayaan renovasi rumah merupakan produk di bank syari’ah mandiri dengan waktu panjang dengan menggunakan akad musyarakah mutanaqishah yang diberikan kepada dua golongan nasabah yaitu untuk karyawan internal dan nasabah umum. Keuntungan dan kerugian dalam renovasi ini harus didasarkan kepada porsi kepemilikan tidak boleh diberikan hanya kepada satu pihak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme pembiayaan renovasi rumah dengan akad Musyarakah Mutanaqishah, pembagian nisbah bagi hasil/bagi rugi serta bagaimana menurut pandangan hukum ekonomi syari’ah mengenai pembagian kerugian pada pembiayaan renovasi rumah dengan menggunakan akad Musyarakah Mutanaqishah. Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa hukum asal dalam bermuamalah adalah boleh sampai ada dalil yang melarangnya. Dalam Al-Qur’an dan hadits mengatur bagaimana perilaku dalam bermuamalah agar sesuai dengan ketentuan syari’ah dan prinsipnya dengan tujuan agar terciptanya keseimbangan dan keadilan dalam kehidupan masyarakat. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan jenis data kualitatif, metode deskriptif berguna dalam penelitian yaitu untuk mengidentifikasi secara sistematis suatu peristiwa tertentu dalam hal ini penulis melakukan teknik observasi, wawancara, studi pustaka dan pengumpulan data yang bersangkutan baik data primer maupun data sekunder mengenai pelaksanaan akad pembiayaan renovasi rumah yang menggunakan akad Musyarakah Mutanaqishah. Berdasarkan data yang dikumpulkan bahwa: 1. mekanisme dari pembiayaan renovasi rumah ini diawali dengan nasabah menjual rumahnya kepada bank selama proses renovasi pihak nasabah mengangsur rumah tersebut sampai dengan 100% milik nasabah kembali. 2. pembagian kerugian maupun keuntungan bank telah menentukan sebelum adanya nasabah yang akan mengajukan pembiayaan, nasabah tidak mengetahuinya hanya saja pembagian nisbah bagi hasil tersebut nasabah langsung menyepakatinya. 3. tampak pada pembagian kerugian dalam pembiayaan renovasi rumah yang menggunakan akad musyarakah mutanaqishah yang membebankan segala bentuk kerugian kepada nasabah di Bank Syari’ah Mandiri Kantor Cabang Bandung Buah Batu dalam pelaksanaan pembiayaan renovasi rumah. Akhirnya penulis menyimpulkan bahwa pelaksanaan akad musyarakah mutanaqishah di bank syari’ah mandiri kantor cabang bandung buah batu dalam pemenuhan rukun dan syarat telah terpenuhi sesuai dengan ketentuan Hukum Ekonomi Syari’ah akan tetapi pada pembagian kerugian beberapa asas yaitu ádalah, tawazun dan tahaluf belum terpenuhi maka menjadi fasad.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Musyarakah Mutanaqishah; Refinancing
Subjects: Law > Legal Systems
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Ema Rohimah Syadiah
Date Deposited: 03 Sep 2018 02:58
Last Modified: 03 Sep 2018 02:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13209

Actions (login required)

View Item View Item