Penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi menampilkan perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur, dan qanaah: penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas VIII MTs. Ma’arif Rancaekek Kabupaten Bandung tahun pelajaran 2012/2013

Saepulloh, Rahmat (2013) Penerapan metode sosiodrama untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi menampilkan perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur, dan qanaah: penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas VIII MTs. Ma’arif Rancaekek Kabupaten Bandung tahun pelajaran 2012/2013. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_ COVER JADI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Pembelajaran Aqidah Akhlak pada materi menampilkan perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qona’ah sangat monoton. Hal itu terlihat dari kurang antusias dan tidak aktifnya para siswa dalam proses pembelajaran serta hasil yang diperoleh oleh siswa sangat kurang untuk mencapai ketuntasan. Dengan demikian, menurut peneliti akan lebih efektif dan efisien apabila dalam pembelajaran Aqidah Akhlak materi tawwakal, ikhtiyar, sabar, syukur, dan qanaah dditerapkan metode sosiodrama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses belajar mengajar sebelum menerapkan metode sosiodrama, untuk mengetahui gambaran proses belajar mengajar melalui penerapan metode sosiodrama, dan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode sosiodrama pada materi menampilkan perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qona’ah. Sosiodrama adalah metode pembelajaran bermain peran untuk memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan fenomena sosial, permasalahan yang menyangkut hubungan antara manusia seperti masalah kenakalan remaja, narkoba, gambaran keluarga yang otoriter, dan lain sebagainya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah (Classroom Action Research) yang berusaha mengkaji dan merefleksi suatu model pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan proses dan produk pembelajaran di kelas. Adapun langkah-langkah PTK ini adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang berbentuk siklus. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus yang tiap siklus terdiri dari beberapa pertemuan. Siklus I terdiri dari tiga pertemuan, siklus II terdiri dari dua pertemuan dan siklus III juga terdiri dari dua pertemuan. Simpulan penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan pada setiap siklusnya, hal ini terlihat nilai rata-rata kelas pada siklus I pertemuan pertama 54,06, pertemuan kedua 62,91, pertemuan ketiga 68,40, siklus II pertemuan pertama 70,66, pertemuan kedua 73,29, siklus III pertemuan pertama 79,20, dan pertemuan kedua 85,03. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama 14,03%, pertemuan kedua 28,60%, pertemuan ketiga 47,50%, siklus II pertemuan pertama 68,60%, pertemuan kedua 80,00%, siklus III pertemuan pertama 85,70%, dan p

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: aqidah; akhlaq; tawakal; ikhtiyar; sabar; syukur; qanaah;
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 02 Nov 2018 03:27
Last Modified: 02 Nov 2018 03:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13257

Actions (login required)

View Item View Item