Desain media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis aplikasi android di kelas Xi PS dan XI TN SMK Muhammadiyah Somagede-Banyumas

Hanafi, Rahmat Hidayat (2018) Desain media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis aplikasi android di kelas Xi PS dan XI TN SMK Muhammadiyah Somagede-Banyumas. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V SIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Teknologi pada saat ini telah mengelami kemajuan yang sangat pesat. Kemajuan tersebut memberikan peluang bagi dunia pendidikan untuk memanfaatkannya dalam kegiatan pembelajaran. Meskipun demikian ada beberapa guru yang masih menggunakan media konvensional dalam pembelajaran serta kurang mampu memaanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran yang dampaknya siswa merasa jenuh dan bosan dalam kegiatan pembelajaran sehingga mereka lebih memilih bermain dengan smartphonen nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PAI dengan aplikasi android dengan kompetensi dasar menjelaskan tatacara pengurusan jenazah dan memperagakan tatacara pengurusan jenazah untuk siswa Kelas XI PS1 dan Kelas XI TN1 di SMK Muhammadiyah Somagede dan mengetahui kelayakan aplikasi ini berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran PAI dan pendapat siswa. Pendidikan Agama Islam adalah sebuah mata pelajaran agama bagi siswa muslim. Penyampaian informasi dalam pembelajaran PAI membutuhkan alat bantu yang mampu mempermudah pemahaman peserta didik. Alat bantu tersebut adalah media pembelajaran, agar alat bantu tersebut tepat guna maka disesuaikan dengan kebutuhan yang mengarah kepada pemanfaaan ponsel pintar yang sudah meluas penggunaanya dikalangan pelajar. Maka perlunya desain media pembeljaran berbasis android yang digunakan dalam ponsel pintar. Tahapan dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation, namun hanya dilaksanakan hingga tahap keempat, yaitu Implementasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran PAI yaitu guru SMK Muhammadiyah Somagede Banyumas. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 25 siswa Kelas XI PS1 dan Kelas XI TN1 di SMK Muhammadiyah Somagede. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran PAI berbasis android berdasarkan penilaian: 1) ahli materi diperoleh persentase 78% termasuk kategori layak, 2) ahli media diperoleh persentase 92% termasuk kategori sangat layak, 3) praktisi pembelajaran PAI diperoleh persentase 83% termasuk dalam kategori layak. Respon siswa terhadap media ini saat di uji coba mendapatkan persentase 87% untuk Kelas XI PS1 dan 79% untuk Kelas XI TN1 yang termasuk dalam kategori layak. Dengan demikian media pembelajaran PAI berbasis Android efektif digunakan sebagai media pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mobile Learning; Android; Media Pembelajaran; Pengurusan Jenazah; ADDIE
Subjects: Education, Research
Technology, Applied Sciences
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RAHMAT HIDAYAT HANAFI
Date Deposited: 07 Sep 2018 06:15
Last Modified: 12 Jan 2022 08:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13316

Actions (login required)

View Item View Item