Pengembangan kemampuan representasi submikroskopik mahasiswa pada materi geometri molekul menggunakan media Augmented Reality

Wulandari, Indah (2018) Pengembangan kemampuan representasi submikroskopik mahasiswa pada materi geometri molekul menggunakan media Augmented Reality. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
7_bab I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
8_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
9_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
10_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
11_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran menggunakan media Augmented Reality untuk mengembangkan kemampuan representasi submikroskopik. Metode yang digunakan adalah penelitian kelas terhadap mahasiswa semester IV Pendidikan Kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Informasi yang diperoleh dengan mengukur aktivitas mahasiswa selama pembelajaran, penyelesaian mahasiswa pada lembar kerja mahasiswa, serta kemampuan representasi submikroskopik setelah pembelajaran. Hasil yang diperoleh pada aktivitas mahasiswa dikategorikan sangat baik (rerata 100%), sedangkan hasil yang diperoleh dari penyelesaian LKM dikategorikan sangat baik (rerata 86), kemampuan tertinggi pada indikator penentuan domain ikatan dan domain nonikatan berdasarkan struktur Lewis (rerata 94). Pada hasil tes kemampuan representasi submikroskopik setelah pembelajaran dikategorikan sangat baik (rerata 81,5), kemampuan tertinggi pada indikator penentuan domain ikatan dan domain nonikatan berdasarkan struktur Lewis (rerata 92). Hal ini disebabkan mahasiswa berdiskusi dan berkolaborasi dengan sangat baik serta ditunjang oleh penggunaan media Augmented Reality (AR). Dengan demikian media Augmented Reality (AR) dapat dijadikan sebagai salah satu media dalam mengembangkan kemampuan representasi submikroskopik mahasiswa pada materi geometri molekul

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kemampuan representasi submikroskopik; geometri molekul; media Augmented Reality (AR)
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Indah Wulandari
Date Deposited: 07 Sep 2018 07:02
Last Modified: 07 Sep 2018 07:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13344

Actions (login required)

View Item View Item