Penerapan strategi pembelajaran aktif practice rehearsal pairs untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V: penelitian tindakan kelas di MI Al-Ikhwan Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung

Hidayah, Siti (2018) Penerapan strategi pembelajaran aktif practice rehearsal pairs untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V: penelitian tindakan kelas di MI Al-Ikhwan Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas V MI Al-Ikhwan Kab. Bandung, menunjukkan bahwa terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPA. Sesuai dengan fakta dilapangan, ditemukan peserta didik sering mengobrol, peserta didik yang aktif hanya satu sampai tujuh orang, pembelajaran dikelompokkan lebih dari empat orang kurang efektif dan nilai hasil belajar ada yang belum mencapai KKM. Suasana pembelajaran tersebut menggambarkan aktivitas belajar peserta didik kurang maksimal dalam proses pembelajaran karena pembelajaran kurang mendukung untuk melakukan aktivitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran aktivitas belajar peserta didik sebelum dan setelah penerapan strategi pembelajaran aktif practice rehearsal pairs, mengetahui peningkatan aktivitas belajar serta mengetahui kemampuan menulis laporan peserta didik. Penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran aktif practice rehearsal pairs yang berasumsi pada kerangka pemikiran dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA karena strategi ini dalam proses pembelajaran peserta didik dituntut untuk aktif melakukan suatu keterampilan secara berpasangan. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, studi dokumentasi dan penilaian produk. Subjek penelitiannya yaitu peserta didik kelas V MI Al-Ikhwan dengan jumlah 22 orang, terdiri dari 12 perempuan dan 10 laki-laki. Hasil observasi aktivitas guru, peserta didik dan menulis laporan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas pra siklus, perolehan aktivitas mengajar guru 36,8%, aktivitas belajar peserta didik 30,4% sedangkan indikator aktivitas belajar peserta didik 6% ketiganyanya mendapat predikat kurang sekali menunjukkan tidak aktif. Rata-rata persentase aktivitas mengajar guru siklus I 75% mendapat predikat cukup menunjukkan cukup aktif dan siklus II 90,1% mendapat predikat sangat baik menunjukkan sangat aktif. Rata-rata persentase aktivitas belajar peserta didik siklus I 67,7% mendapat predikat cukup menunjukkan cukup aktif dan siklus II 84,5% mendapat predikat baik menunjukkan aktif, indikator aktivitas belajar peserta didik siklus I 63,2% mendapat predikat cukup menunjukkan cukup aktif dan siklus II 86,3% mendapat predikat baik menunjukkan aktif, sedangkan hasil kemampuan menulis laporan peserta didik nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik siklus I sebesar 66,8 kategori cukup dan siklus II sebesar 78,6 dengan kategori baik. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif practice rehearsal pairs dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi zat tunggal dan campuran kelas V MI Al-Ikhwan Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; IPA; Practice Rehearsal Pairs
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: 1142090071 Siti Hidayah
Date Deposited: 25 Sep 2018 06:46
Last Modified: 25 Sep 2018 06:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13352

Actions (login required)

View Item View Item