Laila, Nida (2017) Integrasi tahsin dan tahfidz dalam pembelajaran hifdzil Qur’an di MTS Persis Tarogong Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (941kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa fenomena pembelajaran Al-Qur’an di Kabupaten Garut, terutama Tarogong yang belum sepenuhnya baik. Hal itu disebabkan belum ada metode yang tepat untuk pembelajaran Al-Qur’an. Tilawah dan Tahfizh A-Qur’an (THQ) merupakan salah satu metde pembelajaran Al-Qr’an yang ada di Tarogong Garut. THQ ini diajarkan di Yayasan Persis Targong Garut. Karena banyak santri yang sukse belajar di persanten tersebut, penulis tertarik meneliti model pembelajaran di pesantren tersebut. Penelitian ini betujuan mendeskripsikan kegiatan pembelajaran Hizhil Qur’an melalui integrasi Tahsin dan Tahfizh yang mecakup: (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) evauasi pembelajran, (4) faktor pendukung dan pengambat, dan (5) dampak pembeajaranTHQ terhadap hifzhil Quran. Jenis penelitian ini enelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif da pendekatan Ilmu Pendidikan Islam. Teknik penelitian terdiri dari observasi, wawacara, dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan menarik simpulan. Berdasarkan teori integrasi, pembelajaran Al-Qur’an dengan model Tahsin dan Tahfizh di MTs Persis Tarogong Garut telah menunjkkan model pembelajran integratif melalui tilawah, tasmi’, muraja’ah, dan tahfizh. Pembelajaran THQ di MTs Persis Tarogong Garut dlihat dari perencanaan pem-belajaran telah sesuai prosedur pembelajaran, mulai dari menyusun program tahunan, progra semester hingga silabus dan rencana progam pembelajaran. Dilihat dari pelaksanan pembelajaran model pembelaaran THQ di MTs Persis Tarogong Garut telah ssuai dengan pelakanaan pembelajran mulai dari perencanan, pelaksnaan dan evaluasi. Faktor guru dan peserta didik menjadi faktor kenggulan model pembelajaran THQ. Ada sebagian pesrta didik yang merasa kesulita menghafal sehingga menjadi faktor kelemahan dan perlu disikapi dengan kesabaran. Dampak dari peneapan pembelajaran model pembelajaran THQ ini, peserta didik dapat belajar membaca dan menghafal Al-Quran dengan cepat, aktif, dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tahsin; Tahfidz; Hifdzil Qur’an; MTS Persis; Tarogong; Garut |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nida Laela nida Nisa |
Date Deposited: | 07 Sep 2018 08:54 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 08:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13366 |
Actions (login required)
View Item |