Peranan bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual remaja: penelitian di boarding school berbasis pesantren SMK PPN Tanjungsari Sumedang

Kinanti, Risna Dewi (2018) Peranan bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual remaja: penelitian di boarding school berbasis pesantren SMK PPN Tanjungsari Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar-isi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Remaja merupakan generasi penerus bangsa yang mudah terpengaruh oleh kondisi zaman yang semakin modern. Sehingga kesadaran untuk menghayati keberadaan Allah SWT serta makna hidup yang sejati pada diri remaja akan terancam dan perlahan terkikis. Untuk mengatasi masalah tersebut, Boarding School SMK PPN mengadakan berbagai program bimbingan keagamaan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual remaja. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses bimbingan keagamaan, fungsi bimbingan keagamaan serta hasil dari bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual remaja di Boarding School SMK PPN Tanjungsari. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa salah satu upaya untuk meningkatkan kecerdasan spiritual remaja adalah dengan menggunakan peran bimbingan keagamaan. Aspek-aspek kecerdasan spiritual dapat diraih dengan pemberian materi yang sesuai serta pengkondisian untuk menghayati makna ibadah. Sehingga mental remaja akan terkondisi dengan berbagai pembiasaan ibadah dan pelatihan spiritual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi, dikarenakan masalah yang diteliti perlu dilukiskan secara sistematis dan faktual dengan menggambarkan keadaan atau status fenomena. Hasil bimbingan keagamaan di Boarding School SMK PPN adalah munculnya aspek-aspek kecerdasan spiritual pada remaja seperti kesadaran untuk menghayati proses ibadah bukan sebagai pengguguran kewajiban, terbiasa berperilaku baik, memiliki prinsip keadilan, memiliki prinsip kebenaran, mampu mengambil hikmah dari musibah yang dialaminya, bersikap lebih fleksibel, bersikap kritis dan merenungkan penyebab serta alasan segala sesuatu terjadi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan keagamaan di Boarding School SMK PPN memiliki peranan yang sangat menunjang dalam meningkatan kecerdasan spiritual remaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Kecerdasan Spiritual; Remaja
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Arip Saripudin
Date Deposited: 10 Sep 2018 08:16
Last Modified: 10 Sep 2018 08:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13399

Actions (login required)

View Item View Item