Somantri, Widya Amalia (1996) Penerapan model problem based learning berbasis literasi informasi untuk meningkatkan kemampuan menulis laporan deskriptif: Penelitian tindakan kelas di Kelas IV MI Al-Muttaqin Kab. Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (509kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (780kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang jarang menggali kemampuan menulis siswa secara mendalam. Siswa hanya mengisi lembar kerja siswa (LKS) atau soal-soal yang berkaitan dengan mata pelajaran IPS. Kemampuan IPS hanya diukur dari seberapa banyak siswa dapat menjawab soal-soal yang berhubungan dengan pokok bahasan. Guru tidak mengukur kemampuan literasi dalam mata pelajaran IPS sehingga guru hanya mengukur pengetahuan yang bersifat benar-salah seperti dalam soal-soal yang biasa diberikan. Siswa belum mampu menjelaskan fenomena sosial, tidak belajar mengeluarkan pendapatnya sendiri mengenai permasalahan sosial yang terjadi. Penelitian dilakukan untuk mengetahui realita proses pembelajaran siswa sebelum dan setelah diterapkan model Problem Based Learning berbasis literasi informasi serta untuk mengetahui kemampuan menulis laporan deskriptif siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning berbasis literasi informasi pada siswa kelas IV MI Al-Muttaqin Kabupaten Bandung. Penelitian dengan model Problem Based Learning dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Sebab pembelajaran dengan diterapkan model Problem Based Learning memusatkan siswa untuk membangun pemikirannya secara mandiri yang menghubungkannya dengan penggunaan informasi, sehingga model yang berbasis literasi informasi menjadikan siswa melek akan informasi yang biasanya dihubungkan dengan kemampuan dalam penggunaan teknologi informasi dan kepustakaan. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reasearch) selama dua siklus dengan dua tindakan di setiap siklusnya. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbasis literasi informasi dapat meningkatkan kemampuan menulis laporan deskriptif siswa yang ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan dari pra siklus hingga siklus II. Pada pra siklus diperoleh 43,33 (10%) dengan kategori sangat kurang, siklus I tindakan I 51,50 (30%) dengan kategori kurang, siklus I tindakan II 65,17 (63,33%) dengan kategori cukup, siklus II tindakan I 70,67 (80%) dengan ketegori baik dan siklus II tindakan II 78,00 (87,67%) dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan menulis laporan deskriptif; literasi informasi; madrasah ibtidaiyah; problem based learning |
Subjects: | Education, Research Elementary Education > Elementary School Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Widya Amalia Somantri |
Date Deposited: | 01 Oct 2018 07:33 |
Last Modified: | 16 Jan 2019 04:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13413 |
Actions (login required)
View Item |