Maryani, Teni (2018) Pengaruh penerapan tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam bidang studi PAI materi meneladani kemuliaan dan kejujuran para Rasul Allah: Penelitian quasi eksperimen di SMPN 1 Sukatani Purwakarta Kelas VIII Tahun Pelajaran 2017/2018. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI TESIS.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1 tesis.pdf Download (257kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II TESIS.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III tesis 1.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV TESSIS.pdf Restricted to Registered users only Download (964kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V TESIS.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA TESIS.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan pembelajaran yang menitikberatkan kerjasama anggota kelompok dan kompetisi antar kelompok yang berjumlah 4-5 orang secara heterogen untuk saling memotivasi dan membantu dalam penguasaan materi yang dapat meningkatkan hasil bealajar kognitif. Gaya belajar siswa juga diasumsikan dapat mempengaruhi terhadap hasil belajar kognitif siswa karena dilapangan ditemukan masalah yaitu rendahnya perolehan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan pembelajaran tipe STAD dan pembelajaran konvensional, perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara pembelajaran tipe STAD dengan konvensional, perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik, dan pengaruh penerapan tipe STAD dan gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa untuk pencapaian hasil belajar kognitif siswa yang maksimal dipengaruhi oleh ketepatan guru dalam memilih dan menerapkan pembelajaran tipe STAD dengan mempertimbangkan gaya belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy eksperimen dengan faktorial 2x3. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Sukatani Purwakarta yang berjumlah 352 siswa. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik sampling purposive. Sampel penelitian berjumlah 67 siswa (35 siswa kelas eksperimen dan 32 siswa kelas kontrol). Instrumen penelitian dengan menggunakan tes hasil belajar sebanyak 25 soal dan untuk menentukan gaya belajar siswa dengan menggunakan angket gaya belajar. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program S.PSS 2,0 menggunakan analisis one way Anova, dan uji Tukey HSD. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan pembelajaran tipe STAD yaitu pembelajaran yang menekankan kerjasama anggota kelompok dan kompetisi antar kelompok sedangkan pembelajaran konvensional yaitu proses pembelajaran yang lebih banyak didominasi gurunya sebagai pentransfer ilmu, 2) hasil belajar kognitif siswa dengan pembelajaran tipe STAD (rata-rata 76,50) lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional (rata-rata 70,78), 3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik, dan 4) terdapat pengaruh penerapan tipe STAD dan gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam bidang studi PAI sebesar 0,17%. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan untuk menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa supaya pembelajaran lebih bermakna dan hasil belajar kognitif siswa dalam bidang studi PAI meningkat. ENGLISH: The STAD type cooperative learning model is a learning that focuses on group member collaboration and intergroup competition which amounts to 4-5 heterogeneous people to motivate each other and help in mastering material that can improve cognitive learning outcomes. Students' learning styles are also assumed to affect students' cognitive learning outcomes because in the field problems are found, namely the low acquisition of students' cognitive learning outcomes in PAI subjects. This study aims to determine the implementation of PAI learning using STAD type learning and conventional learning, differences in students' cognitive learning outcomes between STAD type and conventional learning, differences in cognitive learning outcomes of students who have visual, auditory and kinesthetic learning styles, and the influence of STAD type application and learning styles towards students' cognitive learning outcomes. This research is based on the idea that to achieve maximum cognitive learning outcomes of students is influenced by the accuracy of the teacher in choosing and applying STAD type learning by considering student learning styles. The type of research used is experimental quasy research with factorial 2x3. The population in this study was the eighth grade students of SMP 1 Sukatani Purwakarta, amounting to 352 students. The sampling technique used is purposive sampling technique. The study sample consisted of 67 students (35 experimental class students and 32 control class students). The research instrument used 25 learning outcomes test and to determine students' learning style by using learning style questionnaire. Hypothesis testing was carried out with the S.PSS 2.0 program using one way Anova analysis, and the Tukey HSD test. The results of research showed: 1) the implementation of PAI learning using STAD type learning namely learning that emphasizes group member collaboration and intergroup competition while conventional learning is the learning process dominated by the teacher as a transfer of knowledge, 2) students' cognitive learning outcomes with STAD type learning (average 76.50) higher than conventional learning (average 70.78), 3) there is no significant difference in cognitive learning outcomes of students who have visual, auditory and kinesthetic learning styles, and 4) there is an influence on the application of types STAD and learning styles on students' cognitive learning outcomes in the field of PAI study are 0.17%. Based on the results of this study, it is recommended to use a learning model that is in accordance with the characteristics of students so that learning is more meaningful and students' cognitive learning outcomes in the field of PAI study increase.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tipe STAD; Gaya Belajar; Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Teni Maryani |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 06:27 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 01:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13513 |
Actions (login required)
View Item |